Thursday, August 27, 2009

Apa Itu Blogging?

Weblogs – Definisi & Keterangannya (Definition and Explanation)

Weblogs adalah semacam diary atau catatan singkat yang dipubliskasikan sebagai content di dalam suatu situs web (Web Site).

Weblogs merupakan suatu komunitas mirip seperti milis atau online forum, namun bedanya milis atau online forum bias terkena spamming atau anggota-anggotanya tidak bias mengisi atau mempublish content suatu web, namun weblogs lebih dari itu atau dengan kata lain,

Weblogs bisa diartikan sebagai sarana untuk mempublikasikan suatu content komentar dan catatan-catatan singkat secara online dalam waktu cepat, instant, dan dengan segala kemudahan tanpa harus mengetahui kerumitan teknis yang ada di dalamnya.

Dulu membangun suatu content web membutuhkan suatu perencanaan dan pemikiran yang mendalam. Mengisi content lebih sulit daripada mendesainnya. Dan bagi banyak orang ini membutuhkan upaya lebih. Namun dengan weblog memungkinkan Anda mengkomunikasikan dan menjalin pemikiran, minat, dan opini serta pengalaman menjadi suatu berita atau cerita dan tujuan.

Budaya blogging sebenarnya sudah sangat meluas sejak tahun 1990-an. Karena memang sangat mudah untuk punya blog. Tempat paling terkenal untuk membuat blog atau weblog adalah blogger.com. Mungkin karena namanya gampang diingat. Tetapi perlu diketahui bahwa blogger.com itulah yang pertama kali menawarkan nge-blog gratis dan mudah.

Sangat tepat sekali bahwa penjelasan blog merupakan sarana yang sangat efektif untuk mengkomunikasikan gagasan yang hidup dan aktual direfleksikan dalam Blogbusinesssummit.com.

"Pikirkan blog sebagai gudang topik, tema, ide, percakapan dan gagasan yang tumbuh kembang bak bola salju waktu demi waktu, hari demi hari, dan bulan demi bulan dan tahun demi tahun dari setiap link yang dibangun”

Anda tidak dapat menutup mata akan kenyataan peledakan dunia informasi sejak adanya media internet. blogs adalah suatu fenomena gerilya yang bakal sudah diterapkan oleh para CEO modern yang tidak dapat Anda abaikan, tunda, maupun delegasikan kepada orang lain apalagi untuk kepentingan organisasi yang anda pimpin. Dengan blog semua jalan pikiran, ide-ide kreatif, segala aktivitas dan intervensi Anda dalam industri yang Anda geluti dapat langsung ditampilkan ke blog Anda lewat email atau SMS, di mana saja dan kapan saja, yang penting Anda terkoneksi ke internet entah menggunakan email client/web-based atau internet-enabled PDA/Smartphone.

Sudah saatnya para CEO dan manajernya turun ke “lapangan” melakukan blogging dalam membantu mendekatkan diri kepada konsumen, publik, fans dan juga pesaing mereka di era yang sangat penuh dengan persaingan untuk mati-hidupnya perusahaan.

Bedanya Milis, News-Group dengan Blog :

1. Kalau milis atau newsgroup sifatnya tidak sentralisasi; kalau blogs bersifat sentral dan dipublikasikan oleh satu orang saja.

2. Respons atau "comments" sangat diperlukan bagi milis agar terus diskusi dapat mengalir, tetapi kalau blog tidak.

3. Kronologi: blog tersusun secara terbalik; kalau di milis dapat diatur dengan berbeda-beda.

Manfaat membuat Blog :
1. Menguji kemampuan diri
2. Sebagai sarana untuk mencari kerja
3. Menambah popularitas
4. Menciptakan peluang bisnis
5. Mengikuti tren masa kini
6. dll

Pemanfaatan Blogging

Blogging dapat dimanfaatkan:

1. sebagai bentuk ungkapan ekspresi diri yang orisinal tanpa adanya penyuntingan frase
2. sarana publikasi instant
3. sebagai jurnal online yang terus menerus di- update kontennya
4. sesuatu yang bakal merevolusi gaya dan konten situs web
5. sebagai wadah untuk menciptakan komunitas fans, penggemar, pendukung, dan pasar Anda
6. sebagai media mainstream alternatif
7. sarana untuk mengajar mahasiswa
8. cara baru untuk berkomunikasi dengan pelanggan
9. siapa pun bisa jadi jurnalis
10. sebagai bentuk baru untuk knowledge management maupun transfer knowledge bagi suatu perusahaan besar
11. untuk membuat Anda selalu sibuk apalagi kalau lagi luang
12. untuk berdialog terbuka bersama anggota-anggota keluarga yang berjauhan atau pun berpacaran dengan idolanya
13. cara baru untuk berekspresi singkat dengan suara, gaya yang personal
14. cara untuk berbincang-bincang sehabis rapat
15. pelengkap resume atau curriculum vitae
16. mencegah Anda melamun karena dengan demikian Anda bisa melakukan Audio Blogging (audblog.com) dan Moblogging (moblogging.org).

Silahkan kunjungi situs ini untuk mendapatkan info lengkapnya...http://bjoconsulting.com


Related Links :
Internet Media Solutions l Superhostindo l Jababeka Business l Ayo Kencan l Kesaksian Kristen l Lirik Lagu Rohani Kristen


Cara memilih Nama Domain (Domain Name) yang Tepat dan Efektif

Kebanyakan Mesin Pencari (Search Engine) akan membaca URL, mencari keywords yang terdapat di dalamnya. Apabila perusahaan anda memiliki web site dengan nama domain (domain name) ‘makmur-sejahtera.com', dan seseorang ingin mencari melalui mesin pencari untuk kata ‘makmur sejahtera', si-mesin pencari akan menampilkan ‘makmur-sejahtera.com' sebagai kata yang cocok untuk kata yang anda maksud. Karena sebuah garis penghubung (-) menampilkan antara kedua kata tersebut, si-mesin pencari mengenal kata tersebut sebagai pemisah.

Mesin Pencari juga menterjemahkan karakter lain seperti tanda titik, dsb yang dapat digunakan sebagai pemisah antara kata yang satu dengan kata yang lain. Tapi tidak semua tanda baca bisa digunakan dan diterima oleh URL. Jika anda menggunakan garis bawah (_) atau beberapa karakter lain, sebagai contoh: (makmur_sejahtera.com, atau makmursejahtera.com), maka mesin pencari tidak akan dapat membaca kata tersebut di URL.


Sebagai contoh perhatikanlah kata dibawah ini :
- makmur-sejahtera.com
- makmur.com
- dsb

Anda tidak hanya dapat menyebutkan nama perusahaan anda sebagai nama domain, tapi anda juga dapat menyebutkan nama produk yang anda jual, sebagai contoh:
- bahan-sutra.com
- tas.com
- dsb

Maka, letakkanlah keywords ke dalam nama domain dan pisahkan keywords dengan menggunakan garis penghubung (-) untuk memberikan sedikit pelayanan yang bermanfaat. Keuntungan lain untuk menambahkan garis penghubung (-) di samping kata tersebut, hal itu juga relatif mudah untuk pemunculan sebuah nama domain. Meskipun, ini terlihat lebih seperti nama yang baik yang pernah ada sebelumnya, anda akan dengan mudah memunculkan dengan beberapa frase keywords, dipisahkan oleh garis penghubung.

Lagi pula, mesin pencari tidak perduli level domain utama apa yang anda gunakan. Maka dari itu, disini anda bisa menggunakan salah satu dari nama domain berikut ini: .com, .net, .biz, .tv, atau dsb. Sekarang, kami ingin menyampaikan filosofi kami mengenai nama domain. Di ruang lingkup mesin pencari optimisasi, hal ini menjadi sangat popular untuk menggunakan garis penghubung (-) dan keywords kedalam nama domain.

Faktor yang paling penting pada saat anda menentukan nama domain anda :


1. Sebuah nama domain harus singkat, mudah untuk diucapkan, serta mudah untuk diingat.
2. Pada kebanyakan kasus, anda harus menggunakan versi .com untuk digunakan sebagai nama domain

Berikut ini tipe macam extention nama domain yang dikaitkan dengan keperluannya:

Domain Internasional:
- com (komersil)
- org (organisasi)
- net (network)
- info (informasi)
- biz (bisnis)

Domain lokal Indonesia:
- co.id (perusahaan)
- org.id (organisasi)
- ac.id (akademik/universitas)
- sch.id (sekolah)
- go.id (pemerintahan)
- war.net.id (warnet)
- web.id (bebas)

Di Indonesia terdapat dua macam domain, yakni domain Internasional dan lokal. Kedua macam domain tersebut sama-sama bisa diakses dan kecepatannya juga sama. perbedaanya adalah apabila domain berakhiran .ID itu menunjukan bahwa website anda berlokasi di Indonesia. Untuk lebih jelas mengenai nama domain ini anda bisa menghubungi customer service kami di : info@internetmedia-solutions.com


Related Links :
Internet Media Solutions l Superhostindo l Jababeka Business l Ayo Kencan l Kesaksian Kristen l Lirik Lagu Rohani Kristen


Sejarah Perkembangan Internet

Perkembangan internet dimulai sejak tahun 1940 dan itu hanya menghubungkan dua titik saja yakni antar instansi pemerintah dengan pihak kampus saja. Kemudian berkembang dan semakin banyak komputer yang terhubung kejaringan tersebut dan akhirnya ada ratusan bahkan ribuan komputer terhubung dengan jaringan tersebut, jaringan tersebut itulah yang dinamakan internet.

Pada tahun 2000 internet mencapai masa kejayaannya, Seiring dengan perkembangan zaman ke era teknologi modern ini. hampir semua orang berlomba untuk punya nama domain yang berbisnis di internet, semakin meningkat pula pengguna internet di seluruh dunia termasuk di Indonesia.

Bicara mengenai internet, sebelumnya kami ingin menjelaskan definisi daripada internet itu sendiri. World Wide Web ("WWW", atau singkatnya "Web") adalah suatu ruang informasi di mana sumber-sumber daya yang berguna diidentifikasi oleh pengenal global yang disebut Uniform Resource Identifier (URI). WWW sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian daripadanya.

Kemudian disusul dengan menjamurnya .com - .com dengan beraneka ragam informasi. Semakin banyaknya situs-situs web di internet menjadikan internet sebagai wadah informasi secara global. Banyak perusahaan-perusahaan yang meletakkan data dan desain mereka di internet. Dengan memiliki website di internet anda dapat :

1. Memperlebar Ruang Promosi
Selain katalog, brosur maupun iklan di media cetak, dengan memiliki website di internet juga dapat memperluas jaringan promosi anda, Karena para peminat ataupun calon pelanggan/customer anda dapat melihat informasi dari website anda kapan pun dan dimana pun.

2. Mempermudah Komunikasi
Anda dapat saling berkomunikasi dengan para pelanggan maupun calon pelanggan anda melalui media internet baik melalui email maupun informasi kontak yang ada pada website anda. Sehingga memudahkan anda untuk saling berkomunikasi walaupun jarak yang jauh dan sangat menghemat waktu.

3. Berinteraksi
Melalui media website yang ada di internet, anda bisa berinteraksi dengan para pengunjung website anda. Interaksi yang dapat dilakukan diantaranya adalah bisa dijadikan ajang transaksi jual-beli, forum diskusi, upload/download file dsb. Jadi website anda bukan hanya sekedar menyajikan informasi saja akan tetapi lebih dari itu dan manfaatnya pun bisa dirasakan.


Related Links :
Internet Media Solutions l Superhostindo l Jababeka Business l Ayo Kencan l Kesaksian Kristen l Lirik Lagu Rohani Kristen


Beberapa Tips untuk Membuat Situs Web (WebSite) Menjadi Lebih 'Populer'

Anda/organisasi Anda memiliki sebuah situs web yang contentnya cukup menarik namun pengunjungnya hanya sedikit? Atau meskipun pengunjung banyak namun mereka tidak terlalu banyak mengeksplor web site Anda? Ataupun banyak pengunjung yang tidak betah di website Anda? Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut. Dan uniknya, seringkali yang dibutuhkan hanyalah ide-ide yang cukup sederhana dan mungkin tanpa perlu usaha yang terlalu berat.

Anda tidak perlu menjadi seorang yang super jenius atau super brilian untuk memunculkan ide-ide seperti itu., Anda cukup memiliki kepekaan terhadap dunia internet dan budaya yang ada di dalamnya. Sebagai seorang pengelola situs web yang baik Anda harus bisa menerima feedback dari para penjelajah situs Anda dan juga harus bisa melihat trend yang ada di dunia luar.

Melalui artikel ini dicoba dimunculkan beberapa ide-ide sederhana yang berasal dari berbagai sumber termasuk dari beberapa pakar web (web designer, web author, dan lain-lain) berdasarkan pengamatan terhadap para penjelajah internet maupun terhadap beberapa website yang ada. Anda dapat memunculkan sendiri ide-ide brilian milik Anda, cukup dengan memperluas wawasan Anda terhadap trend, budaya, dan kemajuan teknologi yang ada di dalam ataupun di luar dunia internet. Lalu tuangkan saja ide Anda itu ke dalam website Anda dan lihat saja hasilnya setelah itu ambil feedback (masukan/kritik/saran/pujian) untuk penyempurnaan lebih lanjut.

Proses Loading Situs Web Harus Cepat
Terkadang suatu situs web yang memiliki content yang menarik ataupun yang memiliki desain yang indah, kurang mendapat perhatian dari penjelajah internet. Itu bisa terjadi bila situs tersebut membutuhkan waktu yang sangat lama untuk loadingnya (terutama masalah loading image) dan hal ini akan membuat pengunjung situs menjadi bosan.

Para pengguna internet menginginkan informasi yang tersaji dengan cepat. Bayangkan saja betapa bosannya seorang pengunjung web manakala harus menunggu relatif lama untuk dapat mendownload keseluruhan sebuah halaman web. Ia bisa saja mengklik tombol Stop untuk mematikan proses download halaman kemudian mematikan fasilitas auto load image dari browsernya atau malah pindah ke halaman lain yang lebih cepat.

Sepertinya hal tersebut sepele, namun bila tidak diantisipasi maka jerih payah Anda membangun suatu situs yang menarik dan indah akan menjadi usaha yang sia-sia. Karena kendala kecepatan akses inilah maka penerapan teknik desain cetak tradisional termasuk teknik interaktif multimedia pada situs Anda harus dipikirkan dengan matang.

Oleh karenanya, dalam membuat suatu situs perlu diperhatikan pembuatan desain web maupun grafis yang indah tapi dari segi ukuran file-filenya cukup kecil. Hal tersebut perlu dipikirkan untuk mengantisipasi para pengunjung situs yang koneksi internetnya tidak terlalu cepat.

Format file image yang efektif
Salah satu masalah yang berkaitan dengan hal tersebut adalah masalah file image. Dalam dunia web kita bisa melihat proses loading berbagai format file image. Dan diantara format-format yang ada, yang sering digunakan adalah format JPEG dan GIF.
Berkaitan dengan masalah ukuran file dan proses loading maka penggunaan format image yang tepat merupakan syarat utama :

Gunakan format GIF bila :
* Gambar Anda banyak berisi area kosong besar dan warnanya datar
* Anda ingin meyakinkan bahwa grafik Anda dapat diterima oleh semua browser dan platform
* Anda ingin membuat area di grafik menjadi transparan.
* Gunakan format JPEG bila :
* Grafik Anda memiliki tonal yang bervariasi
* Grafik Anda adalah fotografi penuh warna

Buat beberapa versi dari situs Anda
Saat ini teknologi web berkembang dengan pesat, di satu sisi hal itu memacu para desainer web/web author untuk membuat halaman-halaman web yang semakin indah dan canggih. Namun di sisi lain, hal itu juga berarti kebutuhan kecepatan akses yang semakin tinggi.

Oleh karena itu, bila Anda mendesain/membuat sebuah situs web dan jika server situs Anda masih memiliki sisa ruang yang cukup besar maka bisa dibuat beberapa versi situs. Misalnya situs versi A untuk pengunjung yang memiliki koneksi internet yang relatif cepat (bisa dilihat di bagian selanjutnya) dan situs versi B untuk pengunjung yang memiliki koneksi internet yang relatif lambat.

Contoh :
* Beberapa situs menyediakan versi HTML standar dan versi Shocked-nya yang membutuhkan plug-in tambahan dan tentunya kecepatan akses yang lebih cepat.

* Ada juga yang menyediakan versi text only dan text and images

Gunakan Teknologi Web yang Semakin Canggih
Ada beberapa situs yang dibuat dengan menggunakan bantuan software-software canggih seperti Flash, Dreamweaver ataupun menggunakan teknologi Active X, Dynamic HTML, Java, JavaScript, dan lain-lain. Beberapa diantara situs-situs tersebut memang dimaksudkan untuk menunjukkan kepiawaian pengelola/desainer situs web memasukkan beragam teknologi tersebut ke dalam situs mereka dan ditujukan untuk pengunjung situs yang memiliki koneksi yang cepat ke internet.

Beberapa teknologi web
* Bahasa pemrograman Java yang merupakan sebuah bahasa pemrograman berbasis objek yang dapat diintegrasikan dengan file HTML melalui objek khusus yang disebut applet

Beberapa keuntungan menggunakan Java :
* merupakan subset dari C++
* bisa dipakai ulang (reusable) dan berorientasi objek
* memungkinkan pembangunan situs yang interaktif

Beberapa kerugian/batasan dari penggunaan Java :
* Masih belum ada standardisasinya
* Masih belum dapat mensuport semua platform

Namun dengan dukungan dari beberapa pabrik browser besar seperti Netscape dan Microsoft maka penggunaan Java akan semakin maju.
Selain Java kita juga mengenal JavaScript, JavaScript merupakan bahasa scripting yang berbeda dengan Java walaupun memiliki struktur bahasa dan konsep eksekusi yang mirip.
Contoh penggunaan Java dan JavaScript : reminder, kalender, shopping cart, kalkulator, dan lain-lain

* Teknologi CGI yang merupakan mekanisme komunikasi interaktif client-server. Dengan menggunakan CGI maka pengunjung dapat melakukan interaksi dengan situs web secara interaktif. Script CGI dapat dibuat dengan menggunakan Perl, shell Unix, C, ataupun bahasa pemrograman lainnya.

Beberapa keunggulan CGI :
* relatif lebih cepat dari Java
* disupport oleh berbagai platform client dan server
* bisa digunakan oleh client yang menggunakan broser berbasis grafik (Netscape, IE dan lain-lain) ataupun yang berbasis text ( lynx pada UNIX)

Kelemahan/batasan CGI :
* menghabiskan relatif lebih banyak waktu proses dibandingkan Java

Contoh penggunaan CGI : search engine, akses database, webmail, eCard, dan lain-lain.
* Teknologi shockwave dari Macromedia, membuat dokumen Director dapat dimainkan pada Web. Director telah biasa dipergunakan, setidak-tidaknya bagi para desainer aplikasi interaktif, yang dipercaya sebagai peranti penciptaan aplikasi multimedia yang mewah. Dengan menggunakan aplikasi Afterburner, programmer director dapat mengompres dan menciptakan dokumen Shockwave yang dapat dilihat dari berbagai browser yang telah diinstall Plug-In Shockwave.

Plug-in
Untuk dapat menikmati teknologi-teknologi web tersebut, tak jarang pengunjung situs harus memiliki plugins khusus untuk browser mereka. Sebagai contoh :

* Untuk menikmati situs-situs yang menggunakan Shockwave dan Flash dari Macromedia maka dibutuhkan plugin Shockwave dan Flash Player yang bisa didapatkan di www.macromedia.com/shockwave/download/

* File-file Real Audio / Video membutuhkan player yang bisa Anda dapatkan di www.real.com

* Untuk melihat/membaca file-file PDF kita bisa mendownload program Adobe Acrobat Reader dari situs Adobe (www.adobe.com/products/) yang tersedia gratis.

Tips
Situs yang baik juga akan menyediakan link bagi pengunjung situs menuju ke tempat download plugins yang dibutuhkan.

Proses loading dari situs-situs web tersebut biasanya memakan waktu yang relatif lebih lama dibandingkan dengan situs-situs yang ‘biasa'. Disarankan agar dibuat beberapa versi dari situs yang Anda buat seperti telah disebutkan pada bagian sebelumnya.

Berikan Sesuatu yang Gratis untuk Pengunjung Situs Anda
Mencari sesuatu yang gratis/dengan biaya murah merupakan suatu sifat dasar manusia yang tidak bisa dipungkiri. Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk meningkatkan popularitas website Anda.

* Membuat link khusus ke tempat-tempat yang memiliki sesuatu yang gratis.

Hal ini bisa dilakukan untuk membuat website kita lebih menarik tanpa harus membuat suatu produk tertentu. Anda terlebih dahulu harus menentukan barang-barang gratis macam apa yang ingin Anda tampilkan. Setelah itu cari situs yang menyediakan barang-barang tersebut lalu cantumkan alamat situs tersebut dalam situs web Anda. Sebaiknya untuk pencantuman link ini, Anda memberitahu pemilik situs tersebut agar tidak terjadi masalah di kemudian hari.
Beberapa contoh barang gratis yang diminati penjelajah internet dan bisa Anda cari situs-situs penyedianya: Manual/On Line eBooks, poster, gambar/icon, music (mp3/midi), movie clip, CD, dan lain-lain.

* Menyediakan sesuatu yang gratis dari website kita (contoh Intel, Oracle, Sun)

Beberapa situs di internet menawarkan barang-barang gratis milik/produksi mereka sendiri. Hal ini bisa dilakukan untuk media promosi dari suatu perusahaan/organisasi yang memiliki kemampuan keuangan yang sangat baik.
Sebagai contoh :

* Langganan CD Gratis yang bisa berisi shareware, info produk, dan lain-lain. Hal ini sudah dilakukan oleh Intel, Sun, dan lain-lain.

* Langganan Majalah gratis yang berkaitan dengan content situs yang dikelola. Sebagai contoh anda bisa mengunjungi Oracle Magazine (www.oramag.com)

* Katalog dari produk-produk yang ditawarkan. Contohnya adalah www.artrock.com

* Contoh (Sample) produk seperti komponen-komponen elektronik (transistor, op-amp, dan lain-lain), software evaluation version, dan lain-lain.

* Databook yang berguna untuk mencari referensi dari sebuah produk. Contohnya: Intel (www.intel.com), mereka menyediakan berbagai data mengenai produk mereka seperti mikroprosesor, mikrokontroler, dan lain-lain yang digabung dalam beberapa buku (databook).

* Sediakan layanan-layanan gratis yang dapat menarik pengunjung sekaligus sebagai media promosi. Ini berkaitan dengan teknologi web yang telah dibahas pada bagian sebelumnya. Contohnya adalah layanan electronics Cards gratis yang masing-masing cardnya bisa berisi link menuju situs Anda.

Buat Isi Homepage Anda Selalu Baru (Update)
Suatu situs web yang baik akan selalu menunjukkan aktivitas updating content yang baik. Dengan semakin seringnya content diperbaharui (ditambah, diganti, dikoreksi, diperiksa link-nya, dan lain-lain) menunjukkan kepada penjelajah situs bahwa memang situs anda adalah situs yang benar-benar terurus.

Hal seperti ini sangat direkomendasikan untuk situs-situs penyedia informasi di mana informasinya itu sering berkembang dalam rentang waktu yang singkat, seperti situs-situs majalah, koran, bursa, dan lain-lain.

Ada berbagai cara untuk melakukan proses update ini :

* Secara manual: Anda update sendiri halaman-halaman web Anda dengan editor HTML yang ada, kemudian save dan upload

* Secara otomatis: Anda bisa menggunakan teknologi web yang telah ada untuk mempermudah proses updating misalnya menggunakan CGI atau teknologi lainnya sehingga memudahkan pengelola situs untuk terus memperbaharui situsnya.

Menambahkan feature-feature yang menarik.
Dari berbagai teknologi web yang telah dikenal maka Anda dapat membuat suatu layanan/feature khusus dari situs web Anda yang dapat menarik perhatian pengunjung. Ide dasarnya adalah menarik pengunjung dengan fasilitas/layanan yang disediakan kemudian membuat mereka penasaran untuk mengeksplorasi lebih lanjut situs web kita.
Beberapa contoh layanan tersebut adalah eCard, search engine, discussion room, chat room, free hit counter, dan lain-lain.

Ada beberapa cara untuk membuat pengunjung tertarik dengan situs web kita:

* link dari search engine/situs lain diarahkan menuju halaman utama dari situs kita, sehingga memaksa pengunjung untuk mengeksplorasi situs kita lebih lanjut.

* link dari search engine/situs lain langsung diarahkan menuju halaman yang berisi fasilitas yang ditawarkan. Dan dari setiap layanan yang diberikan, pengunjung ‘dibujuk' untuk melakukan eksplorasi lebih jauh. ‘Bujukan' itu sendiri bisa berupa beberapa preview image yang menarik, banner, dan lain-lain.

Iklan Website.
Agar situs web Anda dapat dikenal maka Anda harus melakukan promosi mengenai web Anda. Ada banyak cara, diantaranya:

* Daftarkan search engine yang paling banyak diakses (contoh: yahoo, google, altavista, dan lain-lain).

* Bisa juga melakukan promosi melalui produk, majalah, katalog, eCards, layanan webmail, banner, dan lain-lain.

* Selain itu Anda bisa juga menggunakan sarana IRC jika memang diijinkan, memungkinkan, dan sesuai dengan isi/tema dari channel IRC tersebut.

Akhir kata, semoga Anda bisa berkarya dengan lebih baik lagi dan membuat dunia internet Indonesia lebih semarak.

Artikel ini kami angkat dari:
http://onno.vlsm.org/v09/onno-ind-1/application/beberapa-tips-untuk-membuat-situs-web-menjadi-lebih-populer-1.rtf yang ditulis oleh Rachmat, Eric & Onno W. Purbo


Related Links :
Internet Media Solutions l Superhostindo l Jababeka Business l Ayo Kencan l Kesaksian Kristen l Lirik Lagu Rohani Kristen


Apa itu Nama Domain (Domain Name)?

Nama Domain (Domain Name) merupakan asset yang sangat berharga bagi suatu perusahaan. Memilih dan meregistrasi nama domain adalah hal penting dan merupakan langkah pertama yang harus anda lakukan. Dengan adanya nama domain, maka para pengunjung bisa masuk atau mengakses ke dalam website anda.

Bicara mengenai nama domain, sebelumnya kami ingin menjabarkan terlebih dahulu mengenai pengertian daripada nama domain itu sendiri, nama domain adalah sebuah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama website anda.

Tahukah anda, apa perbedaan antara domain, web hosting dan web design ?

Untuk memberikan gambaran mudah mengenai pengertian dari masing-masing kata yang kami sebutkan diatas, disini kami ibaratkan sebuah “rumah”,

DOMAIN merupakan alamat dari rumah tersebut yang akan menuntun dan mengantar kita ke alamat yang benar sehingga kita tidak tersesat.

WEB HOSTING merupakan rumahnya, yaitu tempat atau wadah penyimpanan terhadap segala isi yang terdapat di dalam rumah tersebut.

Sedangkan WEB DESIGN adalah isi atau konten dari rumah tersebut, baik berbentuk fisik maupun rancangan interior yang meliputi penataan ruang (desain) dan warna dari rumah tersebut, sehingga terlihat menarik.


Related Links :
Internet Media Solutions l Superhostindo l Jababeka Business l Ayo Kencan l Kesaksian Kristen l Lirik Lagu Rohani Kristen


Google, Kekuatan Sebuah Integritas Usaha

Walaupun telah duduk dalam jajaran orang terkaya dalam usia yang sangat muda, namun Larry dan Sergey tidak pernah melupakan saat-saat kerja keras mereka di sebuah garasi kecil di Menlo Park Resident. Juga saat-saat mereka menghabiskan isi kulkas Susan, pemilik rumah dimana garasinya mereka sewa. Oleh karenanya, jangan heran jika melihat di GooglePlex makanan yang disediakan tiga kali sehari secara cuma-cuma dari perusahaan bagi seluruh karyawan, fasilitas kesehatan di kantor, bahkan perawatan bayi bagi ibu-ibu muda. Hal ini tak lepas dari keyakinan mereka berdua tentang sebuah nilai kebaikan dari saling berbagi dengan sesama, termasuk karyawan.

Hal lain yang dapat kita pelajari adalah bagaimana prinsip “Be No Evil” ini mereka terapkan dalam pelayanan produk mereka.

Seperti yang kita ketahui bersama, hingga saat ini Google telah mengembangkan diri mulai dari sekedar sebagai mesin pencari data (Search Engine), hingga menjadi sebuah situs web pemberitaan yang lengkap, email, gambar, peta satelit, video, dan masih banyak lagi lainnya. Semua pengembangan diri Google ini telah memberikan banyak kontribusi yang berarti dalam pengembangan dunia maya hingga saat ini. Semua itu mereka lakukan bukan atas dasar mencari uang semata, namun juga demi kepuasan masyarakat, dengan cara mempelajari terlebih dahulu setiap kebutuhan mayoritas pengguna dan pemecahannya sebelum mereka mulai mengembangkannya.

Dan kini dunia pun mengakui peran mereka yang sangat besar dalam memajukan teknologi, khususnya Teknologi Informasi. Semua itu tak lepas dari nilai integritas yang mereka yakini selama ini dalam menjalankan usaha. Jadi benarlah sebuah pepatah yang mengatakan, siapa yang menabur banyak akan menuai banyak; siapa yang menabur sedikit akan menuai sedikit pula.


Related Links :
Internet Media Solutions l Superhostindo l Jababeka Business l Ayo Kencan l Kesaksian Kristen l Lirik Lagu Rohani Kristen


Yang Tersedia di Google bagi Developer

Bagi para developer, search engine tentulah merupakan hal yang paling dikenal, karena search engine ini tak ubahnya merupakan ‘jalan tol' yang efektif untuk mempublikasikan website dengan fitur yang disediakannya. Mulai dari fitur untuk publikasi, hingga mencari uang, kini telah dicakup oleh raksasa search engine bernama Google. Bagi para surfer sendiri, Google kini tak ubahnya seorang ‘Mbah Dukun', yang siap memberikan jawaban, kapan pun si pasien bertanya, bahkan dengan pertanyaan apa pun. Hanya dengan memasukkan kata kunci, maka user akan mendapat berbagai jenis informasi yang terkait kata kunci tersebut. Oleh karenanya bagi developer, memang sangatlah penting untuk mengenal Google, sang raja search engine ini, agar website yang dibuatnya dapat terpublikasi dengan baik melalui search engine ini.

Ada beberapa fitur yang disediakan Google bagi para developer dalam mengembangkan website yang dibangunnya, antara lain adalah fasilitas pendaftaran website agar masuk dalam Google Index. Selain menyediakan fasilitas pendaftaran website agar masuk ke dalam Google Index, Google juga memberikan fasilitas pencariannya sebagai fasilitas yang dapat ditempatkan developer pada halaman websitenya. Sebelum mempergunakan fasilitas-fasilitas ini, tentunya user harus mempunyai account Google terlebih dahulu.

Untuk mendapatkan bantuan Google untuk pencarian website Anda secara online, developer dapat memberitahukan nama domainnya ke http://services.google.com/sitesearch/express. Selain memberikan fasilitas pencarian dalam website, developer juga dapat mencoba membuat aplikasi website dengan mempergunakan Google secara online. Aplikasi tersebut bernama Google Page Creator. Dengan aplikasi ini, developer dapat membuat website dengan mudah mempergunakan lebih dari 30 macam desain yang tersedia dan menjadikan Google sebagai web hosting-nya. Adapun kapasitas yang disediakan Google untuk tiap website adalah 100 MB.

Google juga menyediakan extension ke Google Mail yang dapat dipakai domain (https://google.com/a) dengan cakupan fasilitas Google Mail, Talk, Calendar serta Page Creator. Google Apps ini dapat dimasukkan ke dalam website.

Untuk urusan iklan-mengiklan, Google telah menyediakan Adsense sebagai sarana pemilik website memperoleh pendapatan dari iklan yang di-click pada website-nya. Sedangkan Google Adwords merupakan layanan yang disediakan Google untuk para pemilik website yang akan menawarkan produk atau jasa. Dengan Google Adwords, pemilik website dapat memperoleh pelanggan yang secara online sedang mencari produk atau jasa yang ditawarkan.

Selain fasilitas-fasilitas layanan dari Google bagi para developer di atas, Google juga masih menyediakan berbagai fasilitas lainnya seperti layanan Video Sharing, Photo Digital, dan seterusnya.(dna)


Related Links :
Internet Media Solutions l Superhostindo l Jababeka Business l Ayo Kencan l Kesaksian Kristen l Lirik Lagu Rohani Kristen


8 Keuntungan Mempublikasikan E-Book

Dibawah ini adalah keuntungan-keuntungan yang dapat anda peroleh dari pempublikasian e-book, antara lain:

1. Fleksibilitas
E-book memberikan kemudahan bagi siapa pun untuk dapat memiliki perpustakaan berjalan dan dapat dibawa kemana saja, kapan saja anda membutuhkannya.

2. Fungsi
Fungsi dari e-book sendiri tergantung pada program-program pembuatnya dan jenis dokumen elektronik yang anda buat.

3. Kemudahan
E-book memudahkan anda untuk mengais informasi apa pun yang anda inginkan secara online.

4. Harga
Memasarkan e-book secara manual, umumnya menjadikan harganya lebih murah dibandingkan dalam versi cetak.

5. Ruang
Dengan e-book, anda akan memiliki lebih banyak kapasitas ruang di dalam hard disk komputer anda karena seluruh ensiklopedia dapat anda simpan.

6. Ketersediaan
Dengan e-book yang formatnya dalam bentuk elektronik atau digital, bukan cetak. Buku yang kurang laku pun dapat “dicetak” ke dalam format e-book dengan cepat dan efisien dari segi biaya.

7. Mudah mempublikasikannya
Mempublikasikan e-book akan sangat efisien dan hemat bagi para penulis sendiri. Selain itu, hal tersebut mampu meningkatkan kuantitas maupun informasi untuk salah satu industri secara focus.

8. Konservasi
Melalui e-book, anda membantu melestarikan alam, dan mengurai polusi akibat proses manufaktur.

Kunjungi situs ini untuk mendapatkan info lengkapnya...http://bjoconsulting.com


Related Links :
Internet Media Solutions l Superhostindo l Jababeka Business l Ayo Kencan l Kesaksian Kristen l Lirik Lagu Rohani Kristen


Tips Sukses Cyber Marketing

Kesuksesan dalam bisnis dan promosi online bukanlah soal tebak-tebakkan atau kucing-kucingan atau hitung kancing. Tetapi ini melibatkan strategi dan taktik. Karena itu pada bagian ini akan dipaparkan banyak hal kepada Anda tentang strategi dan taktik yang seharusnya diimplementasikan ke dalam strategi online Anda.

Entah pengunjung situs web (web site) yang datang bermaksud untuk membeli, mempelajari sesuatu, atau untuk men-download atau apa saja, setiap pengunjung situs web berpotensi untuk menjadi pelanggan Anda. Oleh sebab itu tujuan Anda adalah membuat mereka terus ingat dan datang ke situs web (web site) Anda berkali-kali. Untuk bisa mencapai hal itu, situs web Anda harus memiliki sifat customer-centric.

Customer Centric– apa artinya?

"Customer-centric" artinya adalah menciptakan situs web yang berpusat pada keinginan dan kebutuhan si pengunjung. Para pebisnis yang telah berhasil menuai uang dari dunia maya menyadari bahwa situs web mereka harus menonjolkan manfaat bagi pengunjung dan memastikan bahwa si pengunjung akan mendapatkan pengalaman yang unik, lain dari yang lain, dan itu adalah kunci pendorong penjualan, loyalitas, dan dapat menjadi pengiklan yang efektif dan baik dari mulut mereka.

Dengan pro aktif menganalisa kebutuhan, keinginan, serta manfaat yang dapat diberikan kepada mereka, Anda dengan demikian dapat memberikan hal yang lebih pada isi, penawaran pada situs web Anda.

Berikut ini merupakan kiat-kiat untuk mencapai sukses dalam Cyber Marketing (e-marketing):

Kiat #1
Pastikan bahwa situs web korporat Anda menyatakan dan menguraikan MANFAAT yang dapat diperoleh oleh pengunjung web Anda dan tersirat melalui isi, produk, atau jasa Anda.

Kiat #2
Berikan informasi yang lengkap dan akurat mengenai alamat, email dan telepon kepada para pengunjung web Anda.

Kiat #3
Kemaslah isi dari situs web Anda dengan teratur dan mudah dinavigasi. Tidak semua pengunjung mengerti istilah Anda atau istilah teknis yang Anda ketahui, atau istilah lain, mengingat penamaan dari kebanyakan situs web dibuat oleh orang IT sehingga bernada teknis dan terkesan seram dan tidak bersifat human being.

Kiat #4
Koreksi kembali penulisan situs web Anda jangan sampai terdapat kesalahan dalam hal tata bahasa dan ejaan atau kalimat yang sulit dimengerti dan homonim yang salah dieja.

Kiat #5
Buatlah penulisan di Web Anda secara menarik agar tidak membuat orang cepat bosan dan tidak mau membaca keseluruhannya atau sebagian besar. Ingat, hal ini lebih parah lagi kalau tulisan penjualan Anda tidak ada di situs web atau tulisan penjualan Anda tidak menggugah orang untuk bereaksi.

"Cyber Branding through Cyber Marketing"

Kiat #6
Berikan kemudahan bagi mereka agar dapat melakukan kontak dan memberikan umpan balik pada produk, jasa bisnis Anda. Anda harus selalu berminat pada apa yang diminati oleh pelanggan Anda. Jika Anda mengindari opini mereka, hal itu sama saja memberikan produk dan bisnis yang mereka tidak sukai.

Kiat #7
Berikan kemudahan kepada target market Anda untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Kurangi sedapat mungkin informasi yang Anda inginkan dari pengunjung Anda dan kurangi juga langkah-langkah yang harus mereka lakukan hanya untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Kiat #8
Berikan kemudahan bagi para pengunjung untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan mereka ajukan kepada anda.

Kunjungi situs ini untuk mendapatkan info lengkapnya...http://www.bjoconsulting.com


Related Links :
Internet Media Solutions l Superhostindo l Jababeka Business l Ayo Kencan l Kesaksian Kristen l Lirik Lagu Rohani Kristen


Tips Singkat Membangun Blog Yang Baik

1. Membuat Perkenalan.
Seorang pemilik pesta yang baik, ia harus bisa bergaul dan berinteraksi dengan para tamu-tamu. Oleh sebab itu gunakan paling tidak 30 hingga 60 menit sehari untuk membaca-baca posting tulisan di blog favorit Anda. Buat blogroll (koleksi blog-blog favorit), lalu buatkan linknya sehingga tamu-tamu Anda bisa membaca blog yang Anda rekomendasikan, dan gunakan fungsi trackback yang biasanya dimiliki oleh kebanyakan dari program-program pembuat blog untuk memberitahu blogger yang lain lewat email apabila Anda mengutip mereka. Itulah salah satunya yang membuat tamu-tamu blog Anda senang dan kembali lagi.

2. Hendaklah Seadanya.
Bisa jadi Anda seorang yang membosankan atau kurang memikat para tamu-tamu blog Anda. Okelah tidak apa-apa. Lakukan semaksimal Anda. Teruslah berlatih bergaul dengan mereka lewat tulisan-tulisan Anda. Dan berupayalah untuk tidak membosankan. Karena itu jangan bosan nge-blogging. Kalau Anda sendiri bosan, maka bagaimana bisa meningkatkan kemampuan networking online Anda?. Paling tidak bercerita adalah cara yang paling terbaik untuk membuat blog Anda – sehingga produk Anda juga - diminati.

3. Rileks dan Tidak Kaku.
Gaya yang tidak kaku atau informal (memang secara tata bahasa kurang sempurna) sering kali yang membuat suatu blog enak dibaca. Tetapi tentu saja yang terlalu rileks dan sesuaikan dengan target para tamu yang Anda undang. Policy cara blogging yang disarankan oleh Yahoo, kalau Anda pernah lihat, itu menarik. Sarannya, “Tetapkah bersikap respek dan hormat kepada para tamu yang berkunjung, spesifik dengan yang dibicarakan, perkuatlah argumen Anda, dan undanglah mereka untuk memberikan komentar balik secara pribadi".

4. Jangan Pelit.
Apa sih yang membuat suatu pesta berjalan sangat singkat atau bubar? Satu hal yang jelas adalah karena kehabisan makanan atau minuman. Begitu pula suatu blog terhenti atau gagal karena kurangnya konten yang bermutu yang menyebabkan suatu dialog terhenti. Menjalankan blog sangat sangat terjangkau di sisi biaya, namun membutuhkan suatu komitmen waktu, dan harus menjadi bagian dari job desk seorang CEO. Ya membutuhkan perencanaan dan komitmen.

5. Hendaklah Selalu Siap.
Kalau Anda dikritik atau ada masalah yang dihadapi oleh perusahaan Anda dan para tamu menyinggungnya di blog Anda sebagai salah satu komentar balik, maka bersiapsiaplah untuk menanggapinya dengan bijak, jujur dan terbuka.


Related Links :
Internet Media Solutions l Superhostindo l Jababeka Business l Ayo Kencan l Kesaksian Kristen l Lirik Lagu Rohani Kristen


Proyek Internet Habiskan 12 Juta Dollar

Sebuah proyek bagus untuk membangun dan mendesain Internet dari kecacatan telah menghabiskan uang USD 12 juta. Uang tersebut berasal dari dana pemerintah dan donasi dari dua jaringan organisasi peneliti. Banyak peneliti yang merasa harus berpikir kembali dengan adanya proyek ini, termasuk dengan arsitektur yang ada di Internet, yang bila dilihat saat ini masih kurang aman. Untuk itu, diiharapkan dengan adanya proyek ini, maka Internet akan menjadi ‘bersih', dan menjadikan Internet sebagai jalan keamanan, yang telah menjadi komitmen awal sejak Internet ‘dilahirkan' pada tahun 1969 lalu.

BBN Technologies Inc., telah mengatur rencana dan desain dari Global Environment for Network Innovations atau GENI, sebuah jaringan di mana peneliti dapat mengetes ide baru tanpa merusak desain Internet sebelumnya. Modal dana USD 12 juta tersebut merupakan bantuan dari organisasi National Science Foundation yang digunakan utnk mengembangkan prototype dari jaringan GENI.

Untuk mengetes prototype ini, organisasi Internet akan melakukan kontribusi sebesar 10GB per second untuk persediaan bandwith, sehingga peneliti tidak perlu khawatir mengenai adanya gangguan kepada trafik Internet normal dalam percobaan prototype tersebut. Sementara organisasi lain yang juga ikut menyumbang dana tersebut, National LambdaRail, juga akan menyediakan kapasitas bandwith 30GB per scond. Dengan adanya persediaan bandwith sekitar 50GB per second, maka diharapkan prototype Internet dapat berjalan lebih cepat daripada koneksi standard broadband di rumah, dan akan mampu menjalankan 30 film yang berkualitas tinggi ke dalam computer rumah secara bersamaan.

Craig Partridge, kepala ilmuwan BBN Technologies, mengungkapkan komitmennya untuk menjalankan persetujuan antara GEN dan dua organisasi tersebut dengan kecepatan jaringan sangat tinggi untuk universitas dan peneliti lain untuk membuat proyek-proyek lainnya. Proyek GENI ini diperkirakan akan dikembangkan selama lima tahun ke depan.


Related Links :
Internet Media Solutions l Superhostindo l Jababeka Business l Ayo Kencan l Kesaksian Kristen l Lirik Lagu Rohani Kristen


Cuil, Search Engine Saingan Google

Sepasang suami istri, professor dari Stanford, Tom Costello, dan istrinya, Anna Patterson, seorang arsitektur yang dulunya bekerja di Google Search, keduanya telah menciptakan search engine yang tercepat, terbesar dan lebih baik daripada Google search engine, Cuil atau dibaca ‘Cool'. Cuil telah hadir sejak Senin (28/07) lalu tanpa embel-embel ‘beta'.

Perbedaan yang terpenting antara Cuil dan Google adalah system rangking di dalamnya. Google melakukan system rangking halaman web dengan prioritas link dalam PageRank, sedangkan Cuil melakukan analisis dari content per halaman web. Cuil melakukannya agar dapat memutuskan apakah content dalam web tersebut memiliki relevansi atau keterkaitan dengan query pencarian. Costello mengungkapkan, bahwa search engine Cuil buatannya ini berbeda dari search engine yang bernama PowerSet yang kini menjadi milik Microsoft. Costello menjelaskan, Cuil ini bersifat ‘konstekstual' dan search engine tersebut dimaksudkan untuk mengerti tentang dunia nyata dalam dunia maya, bukan tentang web.

Costello menambahkan, dunia nyata yang dimaksud adalah mengenai hasil pencarian di Cuil yang secara otomatis akan dimasukkan dalam beberapa kategori. Sebagai contoh, ketika user mencari nama yang umum, Cuil akan memberikan hasil, di mana hasil untuk individu yang berbeda dengan nama tersebut, akan dimasukkand dalam grup di bawah tab. Cuil juga dapat menampilkan topic tertentu dari setiap nama. Sebagai contoh, jika user mencari nama ‘Harry', maka akan tampil tab yang berbeda untuk ‘Harry Potter' dan ‘Prince Harry of Wales'. Pada bagian tab ‘Harry', user akan mendapatkan sub-link yang menghubungkan ke topic actor, Gryffindor, dan sebagainya. Costello menegaskan, bahwa pihaknya memiliki komitmen kuat, untuk memberikan hasil pencarian yang lengkap kepada user.

Cuil juga dapat menampilkan gambar dari hasil pencarian web dan lebih attractive daripada Google search engine. Cuil lebih respect kepada masalah privacy user, dan tidak seperti Google yang dapat melacak setiap satu click dari user dan beresiko dengan adanya spammer. Cuil perlu untuk melacak clik user untuk melihat apakah hasil pencarian yang ditampilkan Cuil, dapat bermanfaat untuk user.

Cuil memiliki interface yang menarik, namun ukuran dari index web dari search engine tersebut dapat mengakses semua hal dengan baik. Costello mengungkapkan, Cuil akan me-launching 120 miliar index halaman, yang melebihi 40 miliar index yang dimiliki Google. Costello juga mengklaim bahwa Cuil tiga kali lebih cepat dibandingkan Google. Google memiliki jaringan pusat data secara global, sedangkan Cuil memiliki tempat penyimpanan data terdekat sehingga dalam pengambilan data akan lebih efisien. Dua pusat data Cuil memiliki kurangd dari 2000 PC yang berjalan cukup cepat daripada Google.


Related Links :
Internet Media Solutions l Superhostindo l Jababeka Business l Ayo Kencan l Kesaksian Kristen l Lirik Lagu Rohani Kristen


Cina Monopoli Internet, Kalahkan Amerika

Sekitar 253 juta penduduk Cina telah menjadi monopoli terbesar dalam dunia Internet, bahkan melebihi U.S., sebagai negara terbesar dalam pengembangan dunia maya. Menurut Pusat Informasi Jaringan Internet Cina, penggunaan web pada akhir Juni lalu meningkat tajam sebesar 56%. Sedangkan di United State, menurut survey Nielsen Online, diperkirakan terdapat 223,1 juta user Internet pada bulan Juni lalu, dan menempatkan penetrasi online U.S sebesar 71%.

Pemerintah komunis di Cina telah mendorong penggunaan Internet untuk bisnis dan pendidikan. Selain itu, pemerintah Cina juga telah memblokir akses ke situs pornografi atau situs pemberontak. Banyak pengguna web telah dipenjara karena mereka mem-posting atau mengirim material email yang telah mengkritik aturan komunis atau pelanggaran hokum keamanan nasional Cina.

Pihak Beijing telah memblokir akses website yang dijalankan oleh orang yang tidak setuju, grup hak asasi manusia, dan media berita asing. Selain itu, website yang diblokir, juga tidak dapat diakses dari Google Inc, YouTube, dan situs asing lainnya karena berisi video protes anti-pemerintah di Tibet pada bulan Maret lalu. Pemerintah Cina juga telah mematikan 25 situs video dan menghukum 32 situs lainnya untuk pelanggaran aturan baru mengenai content yang ada di dalamnya, seperti pornografi, kekerasan atau ancaman keamanan nasional. Namun secara pemasaran online, video sharing, dan bisnis lain di Cina telah mengalami pertumbuhan yang cukup cepat dan meningkat dalam hitungan jutaan dollar dari para investor.

Kisah sukses Cina terasuk situs game Tencent.com dan search engine Baidu.com, yang mampu bersaing dengan rival asing, dengan profit 265 juta yuan atau USD 38,6 juta. Bahkan menurut Analysis International, Cina telah meraup keuntungan USD 5,9 miliar di tahun 2007, naik 48,6% dari tahun lalu. Bahkan CNNIC telah melakukan surver dan hasilnya menunjukkan sekitar 214 juta penduduk Cina telah mendapatkan akses Internet dengan kecepatan tinggi.


Related Links :
Internet Media Solutions l Superhostindo l Jababeka Business l Ayo Kencan l Kesaksian Kristen l Lirik Lagu Rohani Kristen


Sosialisasi Internet Traffic Monitor oleh ID-SIR TII

Pada tanggal 23 Juli 2008, bertempat di Wisma Joglo Jogjakarta, diselenggarakan sosialisasi yang membahas mengenai aktivitas pengguna di Internet. Adapun acara ini mengangkat judul yaitu “Sosialisasi Internet Traffic Monitoring”. Acara ini terselenggara atas kerja sama beberapa pihak yaitu : Microsoft, ID-SIRTII, ICT Watch, Universitas Atmajaya dan detikinet.com dan beberapa pihak terkait lainnya.

Acara ini dibuka oleh Prof. Ricardus Eko Indrajit selaku ketua dari ID-SIRTII atau Indonesia Security Incident Response Team of Internet Infrastructure. Beberapa pihak yang berpartisipasi didalamnya antara lain : praktisi IT. pengelola ISP dan layanannya, para engelola web hosting serta beberapa mahasiswa. Jalannya acara berlangsung sejak pagi hingga siang hari, diawali dengan penjelasan dari panitia, penjabaran maksud dari sosialisasi ini serta interaktif antara pembicara dan peserta serta diakhiri dengan jamuan makan siang bersama.

Sosialisasi ini menitikberatkan pada pembahasan bagaimana penyedia jasa Internet/ISP dalam mengawasi traffic Internet yang terjadi. Hal ini berkaitan dengan usaha pemerintah untuk menertibkan jaringan Internet di negara kita. Salah satu focus yang dibahas yaitu bagaimana menciptakan system Internet di Indonesia agar tertib dan bagaimana cara pelacakan terhadap suatu kejahatan dunia maya. Pihak ID-SIRTII memberikan solusi dengan menawarkan system pencatatan log file untuk masing-masing penyedia ISP. Rekaman aktifitas transaksi koneksi atau log file adalah suatu file yang mencatat akses pengguna pada saluran akses operator atau penyelenggara jasa akses berdasarkan : alamat asal protocol (source address), alamat tujuan (destination address), jenis protocol yang digunakan, port asal (source port), port tujuan (destination port), waktu (time stamp) serta durasi terjadinya transaksi.

Karena cukup banyak file yang harus dicatat dalam log file ini maka tentu saja ini merupakan pekerjaan yang berat. Bisa dibayangkan 1 paket standar normal dapat mencapai ukuran 1500 byte data, tentu saja untuk ISP atau pun web hosting itu merupakan pekerjaan yang dinilai cukup berat untuk mengelola log file sebesar itu. Namun pihak ID-SIRTII menjabarkan bahwa tidak keseluruhan file yang harus dilaporkan, hanya beberapa saja yaitu header dan data tentu saja sebelumnya akan dilakukan penyaringan terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke log file. Sebagai contoh, untuk proses filter log file dapat digunakan netflow milik sebuah perusahaan yang focus di bidang jaringan yaitu Cisco. Saat ini cukup banyak ISP yang tidak menjalankan log aksesnya. Padahal semestinya ISP harus memiliki log file untuk aksesnya. Sehingga pada akhirnya ISP yang tidak memiliki log file beralih untuk melakukan log terhadap layanan nya seperti log web atau log ftp.

Tentu saja hal penertiban Internet di Indonesia cukup sulit dilakukan, salah satu faktor yaitu topologi di Indonesia yang cukup semrawut. Hal ini dikarenakan kepentingan bisnis yang berada dibelakangnya. Sehingga masalah keamanan menjadi tidak ideal. Untuk masalah keamanan, pemerintah memiliki tanggung jawab kepada public. Perlu adanya perlindungan kepada user, dimana saat ini telah ada aturan internasional yang menjadi patokan untuk hal ini.

Salah satu solusi yaitu penerapan QoS, dimana ini merupakan kesepakatan bersama 115 negara, ketetapan ini harus dilaksanakan dimana pun terdapat layanan jasa Internet. Jika Indonesia tidak menetapkan ketetapan ini, maka pihak luar negeri akan menganggap Indonesia tidak berkompeten dan tidak memiliki standar internasional. Jika Indonesia menetapkan QoS maka investor asing tentu akan tertarik untuk menanamkan investasinya karena Indonesia merupakan salah satu negara yang tingkat pemakaian Internetnya cukup tinggi.

Namun ada kekhawatiran ISP jika QoS benar-benar diterapkan. Karena terdapat beberapa hal yang dianggap cukup memberatkan. Oleh karena itu, perlu diciptakan sebuah pendekatan dari sisi bisnis yaitu pemodelan kelas ISP, sehingga diharapkan munculnya kelas-kelas dari QoS. Sebagai contoh, misalkan ISP kelas RT/RW network, maka tentu saja QoS nya juga akan mengikuti jangkauan ISP tersebut. Sehingga public yang menggunakan ISP tipe ini akan menyadari layanan yang digunakannya. Jika system ini ditetapkan maka jika QoS diterapkan akan semakin masuk akal dan penyedia jasa ISP pun tidak keberatan.

Adapun pihak ID-SIRTII memberikan suatu jaminan kepada penyedia ISP antara lain : daily warning jika terjadi traffic yang mencurigakan, sharing mengenai knowledge information, pengendalian terhadap content yang ditawarkan ISP dan pelatihan standar security.


Related Links :
Internet Media Solutions l Superhostindo l Jababeka Business l Ayo Kencan l Kesaksian Kristen l Lirik Lagu Rohani Kristen


Website Kepresidenan Georgia Mendapat Serangan DDOS

Website Kepresidenan Georgia mendapatkan serangan Distributed Denial-Of-Service (DDOS) di akhir minggu kemarin, ini merupakan serangkaian serangan cyber ke negara-negara yang bertentangan dengan Rusia.

Website Kepresidenan Georgia tidak dapat berfungsi mulai hari Sabtu hingga Minggu kemarin, berdasarkan apa yang diutarakan oleh pihak Shadowserver Foundation. Diduga serangan dilakukan dengan menggunakan botnet, atau jaringan komputer yang dapat diperintah untuk memenuhi lalu lintas jaringan di server Web tersebut.

Server C&C [command and control] yang digunakan untuk melakukan serangan tersebut berada di Amerika Serikat, ujar pihak Shadowserver. Botnet yang digunakan tampaknya berasal dari kode “MachBot”, dimana saling berkomunikasi antar komputer melalui HTTP (Hypertext Transfer Protocol) .

“Tool yang digunakan untuk mengendalikan botnet ini sering digunakan oleh pengendali Botnet dari Rusia,” jelas pihak Shadowserver.”Ternyata, domain di server C&C [command-and-control] mempunyai informasi registrasi palsu, setelah ditelusuri, mata rantainya berasal dari Rusia.”

Jose Nazario, teknisi keamanan Arbor Networks, mengatakan bahwa salah satu perintah yang terdapat dalam lalu lintas jaringan, menuju ke website yang mengandung frase “win+love+in+Rusia”.

Sampai saat ini, motivasi penyerangan masih belum jelas. Namun, seperti yang kita ketahui, Georgia merupakan salah satu pecahan Soviet dimana Rusia sebagai pusatnya. Terlebih, Georgia masuk menjadi anggota NATO, aliansi keamanan yang pro Barat.

Serangan ini mengingatkan kita pada 300 website di Lithuania yang mendapatkan serangan pada 1 Juli kemarin dan sejumlah Website di Estonia yang mendapatkan serangan DDOS pada April dan Mei 2007 yang lalu. Serangan-serangan yang terjadi pada dua negara di atas diduga dilakukan oleh para hacker Rusia juga.


Related Links :
Internet Media Solutions l Superhostindo l Jababeka Business l Ayo Kencan l Kesaksian Kristen l Lirik Lagu Rohani Kristen

Monday, August 24, 2009

Mendaftarkan Situs ke Search Engine

Salah satu nilai lebih dari suatu website adalah terdaftar pada search engine populer sehingga mudah ditemukan dan tentu saja akan mendatangkan traffic yang lebih besar. Cara untuk terdaftar pada sebuah search engine sebenarnya cukup mudah meskipun Anda tidak dapat menyulap situs Anda untuk masuk ke halaman pertama index pencarian.

Hal - hal yang Harus dipenuhi
Untuk dapat masuk dalam daftar pencarian search engine, website Anda harus memenuhi beberapa persyaratan berikut :

* Website Anda harus mengandung unsur text
Search engine membaca file non-binary pada website Anda. Text - text yang terdapat di dalamnya akan disimpan dalam database search engine tersebut sehingga akan muncul pada pencarian dengan kata kunci yang relevan dengan isinya. Sangat tidak disarankan membuat suatu website dalam full flash karena teknologi search engine saat ini tidak dapat membaca file flash

*
Lengkapi header di setiap halaman
Header yang terdiri dari title, meta description, dan meta keyword harus diisi dengan kata - kata yang relevan dengan isi website. Hal ini semakin memudahkan search engine untuk menyimpan isi halaman website Anda dalam databasenya.

*
Buat semua halaman dengan lengkap
Sebelum Anda mulai mendaftarkan website Anda pada search engine, silahkan buat seluruh halaman dengan lengkap. Jangan sampai ada deadlink. Biasanya search engine tidak banyak mereferensikan hasil pencariannya pada website yang masih terdapat banyak deadlink.

*
Sebaiknya membuat sitemap
Untuk mempermudah search engine menemukan halaman - halaman pada website Anda, buatlah sitemap yang berisi link ke seluruh halaman dalam website tersebut.

*
Tambahkan tag alt pada link image
Tag alt pada image yang berkait (memiliki link) akan memudahkan search engine untuk mengcrawl halaman yang dituju oleh link tersebut.

Mendaftar di Google
Google memiliki banyak fasilitas untuk mendaftarkan website dan memasukkannya ke dalam index pencariannya. Untuk mendaftarkan suatu website di Google dapat memilih salah satu cara yang terdapat di halaman : http://www.google.com/intl/en/submit_content.html
Biasanya untuk website baru, Anda disarankan untuk mendaftarkannya melalui http://www.google.com/addurl/?continue=/addurl

Mendaftar di Yahoo
Untuk mendaftarkan situs Anda di Yahoo, dapat dilakukan melalui : http://search.yahoo.com/info/submit.html

INGAT! Tidak ada jaminan
Perlu diingat bahwa tidak ada jaminan website Anda akan masuk ke index pencarian Google, Yahoo, maupun search engine lain. Masing - masing search engine memiliki mekanisme seleksi, crawl, dan indexing yang berbeda - beda.

Cara termudah untuk dapat masuk pada index pencarian adalah melalui link. Tambahkan link ke website Anda dari website lain yang halaman - halamannya telah masuk ke index pencarian.


Related Links :
Internet Media Solutions l Superhostindo l Jababeka Business l Ayo Kencan l Kesaksian Kristen l Lirik Lagu Rohani Kristen


Memilih Warna Pada Website

Warna merupakan pertimbangan emosional, karena variasi warna dapat menyebabkan emosi yang berbeda pada tiap orang. Kita semua tahu bahwa hijau adalah simbol uang (mata duitan), tapi apakah kita tahu juga bahwa hijau merupakan simbol ketamakan, iri hati, dan kecemburuan? Pilihan warna akan mendapat efek langsung dari pengunjung tentang persepsi perusahaan atau produk kita tawarkan. Ini menjadi rumit dengan adanya fakta bahwa penggunaan warna pada web sekarang tak terbatas: perkembangan teknologi membolehkan kita membuat jutaan kombinasi warna.
Jadi bagaimana dengan pilihan kita? Artikel ini akan membantu mempermudah memahami dasar-dasar dari pemilihan warna.

Ini penting untuk dimengerti bahwa setiap warna ditentukan positif dan negatif dari emosi yang menghubungkannya dengan itu, mungkin bisa disebut dengan “makna warna”. Maksudnya adalah bahwa warna akan mempengaruhi emosional customer bagi perusahan, merek atau produk yang ditawarkan. Jadi ketika memilih skema warna untuk website, atau tipe media lain, anda perlu yakin dengan pemberian warna pada perusahaan atau produk dengan warna-warna yang mengajak audiens untuk selalu memilih web perusahaan atau produk kita Mari beristirahat sejenak dan melihat ruang makan, kulkas,atau lemari kaca dapur yang berisi produk yang kita beli dari toko sembako. Warna apa yang kebanyakan kita lihat? Kebanyakan, dari yang terlihat adalah merah, dan banyak yang lain diantaranya.

Hanya sekilas terlihat dilemari kaca, sekarang apakah kita tahu apa yang terlihat di dalamnya itu, produk yang penuh dengan warna merah. Chef Boyardee, Kellogg's, Lipton, Carnation, Ragu, aunt Jemima, Betty Crocker, Orville Redenbacher's, Heinz, Pam, semua merek ini menggunakan label merah. Mengapa? Merah Adalah suatu warna ”panas”, dan sangat emosional juga. Didalam studi, merah benar-benar mempunyai suatu phisik mempengaruhi orang-orang, meningkan jantung dan menyebabkan tekanan darah untuk naik, menarik perhatian kita, tindakan keributan, dan suatu warna yang sangat kuat untuk produk pembungkus.

Semua warna yang pas/cocok dimasukkan ke dalam tiga kategori; sejuk, hangat dan netral. Sedangkan kita bisa memilih semua warna yang kita suka dari kategori yang sama, itu mungkin sering mencapai efek yang lebih sangat kuat dengan memperkenalkan warna dari satu di antara kelompok yang lain. Mari kita liat pandangan/persepsi sekarang bagaimana warna-warna bekerja bersama dan masing2 warna berarti bagi yang melihatnya.

Warna-warna sejuk

Biru, Hijau, Ungu, Pirus dan Perak adalah warna-warna sejuk.
Warna-warna sejuk cenderung berpengaruh memberikan perasaan tenang bagi yang melihatnya.
Meskipun digunakan sendiri, warna-warna ini bisa mempunyai rasa dingin atau impersonal, oleh sebab itu memilih warna-warna sejuk, mungkin bijaksana untuk menambahkan warna dari kelompok lain untuk menghindari ini.

Berikut beberapa makna dari beberapa warna sejuk:

Biru
Positif: keheningan, mencintai, kesetiaan, keamanan, percaya, intelligence
Negatif: kedinginan, ketakutan, kejantanan

Hijau
Positif: uang, pertumbuhan, kesuburan, kesegaran, healing
Negatif: iri hati, kecemburuan, kesalahan, kekacauan

Ungu
- Ungu adalah kombinasi biru dan merah, oleh sebab itu ditemukan baik kategori-kategori
hangat maupun sejuk
Positif: raja, kaum ningrat, spirituality, kemewahan, ambition
Negatif: misteri, kemasgulan

Pirus
Positif: rohani, sembuh, perlindungan, sophisticated
Negatif: cemburu, kewanitaan

Perak
Positif: glamor, tinggi, anggun, sleek
Negatif: pengkhayal, tidak tulus

Warna Hangat

Merah, merah muda, kuning, orange, ungu, dan emas adalah warna hangat.
Warna hangat cenderung mempunyai suatu efek kegairahan bagi yang melihatnya. Bagaimanapun ketika warna ini digunakan sendiri dapat menstimulasi, membangitkan emosi kekerasan/kehebatan dan kemarahan. Ketika memilih nada hangat, menambahkan warna dari kelompok yang lain akan membantu ke arah menyeimbangkan ini.

Berikut beberapa makna dari beberapa warna hangat:

Merah
Positif: cinta, energi, kuasa, kekuatan, penderitaan, panas
Negatif: kemarahan, bahaya, peringatan, ketidaksabaran

Merah Muda
Positif: sehat, bahagia, feminin, rasa kasihan, manis, suka melucu
Negatif: kelemahan, kewanitaan, ketidak dewasaan

Kuning
Positif: terang/cerdas, energi, matahari, kreativitas, akal, bahagia
Negatif: penakut, tidak bertanggungjawab, tidak stabil

Orange
Positif: keberanian, kepercayaan, kehangatan/keramahan, keakraban, sukses
Negatif: ketidak-tahuan, melempem, keunggulan

Ungu
- Warna Ungu ditemukan di dalam kedua-duanya warna dingin dan hangat
Positif: royalti, kebangsawanan, kerohanian, kemewahan, ambisi
Negatif: kegaiban, kemurungan

Emas
Positif: kekayaan, kemakmuran, berharga, tradisional
Negatif: ketamakan, pemimpi

Warna Netral

Cokelat, berwarna coklat, gading, kelabu, putih dan hitam adalah warna netral.
Warna netral adalah suatu pemilihan agung untuk bergaul dengan suatu palet (lukis) hangat atau dingin. warna-warna itu adalah yang baik untuk latar belakang dalam suatu disain, dan juga cenderung untuk berbicara lebih pelan, penggunaan dari yang lain lebih menaklukkan warna. Tambahkan hitam untuk menciptakan suatu yang lebih gelap ”keteduhan” tentang suatu warna utama, sedang putih ditambahkan untuk menciptakan suatu tongkang/geretan ” warna”.

Berikut beberapa makna dari beberapa warna netral:

Hitam
Positif: perlindungan, dramatis, serius, bergaya/anggun, formalitas
Negatif: kerahasiaan, kematian, kejahatan/ malapetaka, kegaiban

Kelabu
Positif: keamanan, keandalan, kecerdasan/inteligen, padat, konservatif
Negatif: muram, sedih, konservatif

Cokelat
Positif: ramah, bumi, keluar rumah, umur panjang, konservatif
Negatif: dogmatis, konservatif

Tan (wol halus yang masih putih)
Positif: ketergantungan, fleksibel, keriting, konservatif
Negatif: tumpul, membosankan, konservatif

Gading
Positif: ketenangan, kenyamanan, kebersihan/kesucian, hangat
Negatif: lemah, tidak stabil

Putih
Positif: kebaikan, keadaan tak bersalah, kemurnian, segar, gampang, bersih
Negatif: musim dingin, dingin, jauh

Kita mungkin bertanya-tanya, ”Apa yang merupakan kebenaran mewarnai kombinasi untuk bisnis website?” Selagi tidak ada kemutlakan “kebenaran” untuk mewarnai website, kamu perlu memahami target pendengar, dan mempertimbangkan tanggapan mereka tentang warna, yang tidak dimilik. Jika gol akhir adalah untuk memilih produk atau perusahaan, kemudian palet warna harus ditetapkan. Ada keseluruhan factor yang menandai apa yang pengunjung suka atau tidak suka. Faktor dasar target pengunjung untuk dipertimbangkan adalah perbedaan umur/zaman, perbedaan kelas, perbedaan jenis kelamin dan keseluruhan kecenderungan warna.

Perbedaan umur/zaman adalah suatu faktor pokok yang tidak boleh diabaikan.
Jika anak remaja dan anak-anak adalah target pengunjung, kemudian mereka menyukai terang, warna dasar, warna primer merah, biru, kuning dan hijau. Bagaimanapun, berbeda dengan orang dewasa, lebih tua, mereka akan menyukai warna yang lebih gelap, sama dengan mewarnai dari kelompok warna-warna yang netral.

Perbedaan kelas adalah faktor pokok yang lain di dalam memilih warna.
Riset Amerika Serikat telah menunjukkan kelas pekerja menyukai warna seperti biru, merah, hijau, dan lain lain yang lebih terdidik cenderung untuk menyukai yang lebih mengaburkan warna seperti taupe, warna biru langit, celadon, ikan salem, dll.

Perbedaan jenis kelamin adalah suatu faktor nyata didalam memilih warna.
laki-laki cenderung untuk menyukai warna cool seperti hijau dan biru, di mana wanita menyukai warna lebih hangat, merah dan orange. Jika kita mempunyai pendengar/pemerhati keduanya para laki-laki dan perempuan, yang akan mempertimbangkan pencampuran beberapa warna dari palet cool dan hangat kepada keduanya laki-laki dan perempuan dapat bertanya pada mereka.

Yang terakhir tapi bukan tidak penting adalah kecenderungan warna. Menurut definisi, suatu kecenderungan berarti “tren”. Memilih warna yang populer boleh2 saja untuk beberapa bentuk websites dan produk, tetapi jika kita ingin menyajikan umur yang panjang dan stabilitas web, kemudian warna populer tidak memungkinkan jadi yang terbaik untuk web kita. Sebagai gantinya, kita boleh mempertimbangkan warna yang lebih tradisional yang berdiri dari waktu ke waktu.

Memilih warna lebih kepada mengambil apa yang dirasa baik oleh kita, adalah menimbulkan suatu tanggapan lain dari yang melihat web kita. Dengan mengetahui target dan efek yang berbeda dari warna yang ditimbulkan, kita memperoleh suatu kemampuan lebih besar untuk menentukan apa yang menjadi warna terbaik untuk menarik pengunjung.

Satu catatan terakhir tentang warna. Pengunjung web biasanya menggunakan monitor berbeda, browsers berbeda, dan sistem operasi berbeda. Itu hampir mustahil untuk memastikan bahwa warna yang kita buat akan sama pada tiap-tiap komputer seperti halnya sedang dicetak.

Jangan hanya terkait dengan perbedaan pada komputer yang berbeda, tetapi bagaimana kita mencoba menjadikan konsisten. Bagaimana kita menciptakan suatu palet warna untuk perusahaan, identitas merek, atau warna produk, konsistensi adalah kunci. Gunakanlah warna yang sama pada seluruh usaha pemasaran untuk menciptakan keakraban dengan produk atau perusahaan. Konsistensi akan membantu menarik pengunjung.


Related Links :
Internet Media Solutions l Superhostindo l Jababeka Business l Ayo Kencan l Kesaksian Kristen l Lirik Lagu Rohani Kristen