Thursday, August 27, 2009

Cuil, Search Engine Saingan Google

Sepasang suami istri, professor dari Stanford, Tom Costello, dan istrinya, Anna Patterson, seorang arsitektur yang dulunya bekerja di Google Search, keduanya telah menciptakan search engine yang tercepat, terbesar dan lebih baik daripada Google search engine, Cuil atau dibaca ‘Cool'. Cuil telah hadir sejak Senin (28/07) lalu tanpa embel-embel ‘beta'.

Perbedaan yang terpenting antara Cuil dan Google adalah system rangking di dalamnya. Google melakukan system rangking halaman web dengan prioritas link dalam PageRank, sedangkan Cuil melakukan analisis dari content per halaman web. Cuil melakukannya agar dapat memutuskan apakah content dalam web tersebut memiliki relevansi atau keterkaitan dengan query pencarian. Costello mengungkapkan, bahwa search engine Cuil buatannya ini berbeda dari search engine yang bernama PowerSet yang kini menjadi milik Microsoft. Costello menjelaskan, Cuil ini bersifat ‘konstekstual' dan search engine tersebut dimaksudkan untuk mengerti tentang dunia nyata dalam dunia maya, bukan tentang web.

Costello menambahkan, dunia nyata yang dimaksud adalah mengenai hasil pencarian di Cuil yang secara otomatis akan dimasukkan dalam beberapa kategori. Sebagai contoh, ketika user mencari nama yang umum, Cuil akan memberikan hasil, di mana hasil untuk individu yang berbeda dengan nama tersebut, akan dimasukkand dalam grup di bawah tab. Cuil juga dapat menampilkan topic tertentu dari setiap nama. Sebagai contoh, jika user mencari nama ‘Harry', maka akan tampil tab yang berbeda untuk ‘Harry Potter' dan ‘Prince Harry of Wales'. Pada bagian tab ‘Harry', user akan mendapatkan sub-link yang menghubungkan ke topic actor, Gryffindor, dan sebagainya. Costello menegaskan, bahwa pihaknya memiliki komitmen kuat, untuk memberikan hasil pencarian yang lengkap kepada user.

Cuil juga dapat menampilkan gambar dari hasil pencarian web dan lebih attractive daripada Google search engine. Cuil lebih respect kepada masalah privacy user, dan tidak seperti Google yang dapat melacak setiap satu click dari user dan beresiko dengan adanya spammer. Cuil perlu untuk melacak clik user untuk melihat apakah hasil pencarian yang ditampilkan Cuil, dapat bermanfaat untuk user.

Cuil memiliki interface yang menarik, namun ukuran dari index web dari search engine tersebut dapat mengakses semua hal dengan baik. Costello mengungkapkan, Cuil akan me-launching 120 miliar index halaman, yang melebihi 40 miliar index yang dimiliki Google. Costello juga mengklaim bahwa Cuil tiga kali lebih cepat dibandingkan Google. Google memiliki jaringan pusat data secara global, sedangkan Cuil memiliki tempat penyimpanan data terdekat sehingga dalam pengambilan data akan lebih efisien. Dua pusat data Cuil memiliki kurangd dari 2000 PC yang berjalan cukup cepat daripada Google.


Related Links :
Internet Media Solutions l Superhostindo l Jababeka Business l Ayo Kencan l Kesaksian Kristen l Lirik Lagu Rohani Kristen


No comments: