Monday, August 24, 2009

Analisa Statistik Pengunjung Situs Anda

Setelah anda melakukan berbagai macam cara untuk membuat website anda optimal, maka kita perlu mengevaluasi apakah hasilnya sudah sesuai dengan apa yang kita harapkan.

Kita bisa mengetahui sampai seberapa optimal apa yang telah kita kerjakan dengan melihat dan menganalisa statistik pengunjung situs kita.

Hal-hal yang perlu kita lihat adalah berapa total jumlah pengunjung unik.
Kemudian pecah lagi menjadi pengunjung unik tiap bulan, kemudian pecah lagi menjadi pengunjung unik tiap hari.


Perhatikan komposisi geografinya, berapa persen dari Indonesia, berapa persen dari luar. Ini berguna untuk melihat apakah pengunjung yang masuk sesuai target pasar.


Setelah itu lihat bagaimana pengunjung bisa menemukan website anda.
Berapa banyak melalui Google , Yahoo maupun situs-situs lain.
Kemudian perhatikan juga mereka search dengan frase atau keyword apa. Dari sini biasanya muncul ide baru untuk mengoptimalkan keyword-keyword tertentu.


Informasi statistik ini tidak realtime, biasanya dibuat 1 hari sekali. Jika ingin membuat pengamatan real-time, maka harus memakai program yang dapat kita atur sendiri kapan membaca log file. Atau kalau kita mau men-control sendiri, setiap halaman kita beri tambahan script yang akan mencatat data-data kunjungan dari pengunjung. Data-data itu antara lain waktu, ip address, dari mana ia masuk, dengan keyword apa dia masuk, masuk ke halaman mana dan seterusnya.


Dengan selalu melakukan evaluasi, mengoptimalkan lebih baik lagi, evaluasi lagi, mengoptimalkan lagi, maka website anda semakin optimal dalam mendapatkan pengunjung yang tepat.


Related Links :

Internet Media Solutions l Superhostindo l Jababeka Business l Ayo Kencan l Kesaksian Kristen l Lirik Lagu Rohani Kristen

No comments: