Thursday, August 27, 2009

Yang Tersedia di Google bagi Developer

Bagi para developer, search engine tentulah merupakan hal yang paling dikenal, karena search engine ini tak ubahnya merupakan ‘jalan tol' yang efektif untuk mempublikasikan website dengan fitur yang disediakannya. Mulai dari fitur untuk publikasi, hingga mencari uang, kini telah dicakup oleh raksasa search engine bernama Google. Bagi para surfer sendiri, Google kini tak ubahnya seorang ‘Mbah Dukun', yang siap memberikan jawaban, kapan pun si pasien bertanya, bahkan dengan pertanyaan apa pun. Hanya dengan memasukkan kata kunci, maka user akan mendapat berbagai jenis informasi yang terkait kata kunci tersebut. Oleh karenanya bagi developer, memang sangatlah penting untuk mengenal Google, sang raja search engine ini, agar website yang dibuatnya dapat terpublikasi dengan baik melalui search engine ini.

Ada beberapa fitur yang disediakan Google bagi para developer dalam mengembangkan website yang dibangunnya, antara lain adalah fasilitas pendaftaran website agar masuk dalam Google Index. Selain menyediakan fasilitas pendaftaran website agar masuk ke dalam Google Index, Google juga memberikan fasilitas pencariannya sebagai fasilitas yang dapat ditempatkan developer pada halaman websitenya. Sebelum mempergunakan fasilitas-fasilitas ini, tentunya user harus mempunyai account Google terlebih dahulu.

Untuk mendapatkan bantuan Google untuk pencarian website Anda secara online, developer dapat memberitahukan nama domainnya ke http://services.google.com/sitesearch/express. Selain memberikan fasilitas pencarian dalam website, developer juga dapat mencoba membuat aplikasi website dengan mempergunakan Google secara online. Aplikasi tersebut bernama Google Page Creator. Dengan aplikasi ini, developer dapat membuat website dengan mudah mempergunakan lebih dari 30 macam desain yang tersedia dan menjadikan Google sebagai web hosting-nya. Adapun kapasitas yang disediakan Google untuk tiap website adalah 100 MB.

Google juga menyediakan extension ke Google Mail yang dapat dipakai domain (https://google.com/a) dengan cakupan fasilitas Google Mail, Talk, Calendar serta Page Creator. Google Apps ini dapat dimasukkan ke dalam website.

Untuk urusan iklan-mengiklan, Google telah menyediakan Adsense sebagai sarana pemilik website memperoleh pendapatan dari iklan yang di-click pada website-nya. Sedangkan Google Adwords merupakan layanan yang disediakan Google untuk para pemilik website yang akan menawarkan produk atau jasa. Dengan Google Adwords, pemilik website dapat memperoleh pelanggan yang secara online sedang mencari produk atau jasa yang ditawarkan.

Selain fasilitas-fasilitas layanan dari Google bagi para developer di atas, Google juga masih menyediakan berbagai fasilitas lainnya seperti layanan Video Sharing, Photo Digital, dan seterusnya.(dna)


Related Links :
Internet Media Solutions l Superhostindo l Jababeka Business l Ayo Kencan l Kesaksian Kristen l Lirik Lagu Rohani Kristen


No comments: