Thursday, August 27, 2009

Website Kepresidenan Georgia Mendapat Serangan DDOS

Website Kepresidenan Georgia mendapatkan serangan Distributed Denial-Of-Service (DDOS) di akhir minggu kemarin, ini merupakan serangkaian serangan cyber ke negara-negara yang bertentangan dengan Rusia.

Website Kepresidenan Georgia tidak dapat berfungsi mulai hari Sabtu hingga Minggu kemarin, berdasarkan apa yang diutarakan oleh pihak Shadowserver Foundation. Diduga serangan dilakukan dengan menggunakan botnet, atau jaringan komputer yang dapat diperintah untuk memenuhi lalu lintas jaringan di server Web tersebut.

Server C&C [command and control] yang digunakan untuk melakukan serangan tersebut berada di Amerika Serikat, ujar pihak Shadowserver. Botnet yang digunakan tampaknya berasal dari kode “MachBot”, dimana saling berkomunikasi antar komputer melalui HTTP (Hypertext Transfer Protocol) .

“Tool yang digunakan untuk mengendalikan botnet ini sering digunakan oleh pengendali Botnet dari Rusia,” jelas pihak Shadowserver.”Ternyata, domain di server C&C [command-and-control] mempunyai informasi registrasi palsu, setelah ditelusuri, mata rantainya berasal dari Rusia.”

Jose Nazario, teknisi keamanan Arbor Networks, mengatakan bahwa salah satu perintah yang terdapat dalam lalu lintas jaringan, menuju ke website yang mengandung frase “win+love+in+Rusia”.

Sampai saat ini, motivasi penyerangan masih belum jelas. Namun, seperti yang kita ketahui, Georgia merupakan salah satu pecahan Soviet dimana Rusia sebagai pusatnya. Terlebih, Georgia masuk menjadi anggota NATO, aliansi keamanan yang pro Barat.

Serangan ini mengingatkan kita pada 300 website di Lithuania yang mendapatkan serangan pada 1 Juli kemarin dan sejumlah Website di Estonia yang mendapatkan serangan DDOS pada April dan Mei 2007 yang lalu. Serangan-serangan yang terjadi pada dua negara di atas diduga dilakukan oleh para hacker Rusia juga.


Related Links :
Internet Media Solutions l Superhostindo l Jababeka Business l Ayo Kencan l Kesaksian Kristen l Lirik Lagu Rohani Kristen

No comments: