Thursday, August 27, 2009

Cara memilih Nama Domain (Domain Name) yang Tepat dan Efektif

Kebanyakan Mesin Pencari (Search Engine) akan membaca URL, mencari keywords yang terdapat di dalamnya. Apabila perusahaan anda memiliki web site dengan nama domain (domain name) ‘makmur-sejahtera.com', dan seseorang ingin mencari melalui mesin pencari untuk kata ‘makmur sejahtera', si-mesin pencari akan menampilkan ‘makmur-sejahtera.com' sebagai kata yang cocok untuk kata yang anda maksud. Karena sebuah garis penghubung (-) menampilkan antara kedua kata tersebut, si-mesin pencari mengenal kata tersebut sebagai pemisah.

Mesin Pencari juga menterjemahkan karakter lain seperti tanda titik, dsb yang dapat digunakan sebagai pemisah antara kata yang satu dengan kata yang lain. Tapi tidak semua tanda baca bisa digunakan dan diterima oleh URL. Jika anda menggunakan garis bawah (_) atau beberapa karakter lain, sebagai contoh: (makmur_sejahtera.com, atau makmursejahtera.com), maka mesin pencari tidak akan dapat membaca kata tersebut di URL.


Sebagai contoh perhatikanlah kata dibawah ini :
- makmur-sejahtera.com
- makmur.com
- dsb

Anda tidak hanya dapat menyebutkan nama perusahaan anda sebagai nama domain, tapi anda juga dapat menyebutkan nama produk yang anda jual, sebagai contoh:
- bahan-sutra.com
- tas.com
- dsb

Maka, letakkanlah keywords ke dalam nama domain dan pisahkan keywords dengan menggunakan garis penghubung (-) untuk memberikan sedikit pelayanan yang bermanfaat. Keuntungan lain untuk menambahkan garis penghubung (-) di samping kata tersebut, hal itu juga relatif mudah untuk pemunculan sebuah nama domain. Meskipun, ini terlihat lebih seperti nama yang baik yang pernah ada sebelumnya, anda akan dengan mudah memunculkan dengan beberapa frase keywords, dipisahkan oleh garis penghubung.

Lagi pula, mesin pencari tidak perduli level domain utama apa yang anda gunakan. Maka dari itu, disini anda bisa menggunakan salah satu dari nama domain berikut ini: .com, .net, .biz, .tv, atau dsb. Sekarang, kami ingin menyampaikan filosofi kami mengenai nama domain. Di ruang lingkup mesin pencari optimisasi, hal ini menjadi sangat popular untuk menggunakan garis penghubung (-) dan keywords kedalam nama domain.

Faktor yang paling penting pada saat anda menentukan nama domain anda :


1. Sebuah nama domain harus singkat, mudah untuk diucapkan, serta mudah untuk diingat.
2. Pada kebanyakan kasus, anda harus menggunakan versi .com untuk digunakan sebagai nama domain

Berikut ini tipe macam extention nama domain yang dikaitkan dengan keperluannya:

Domain Internasional:
- com (komersil)
- org (organisasi)
- net (network)
- info (informasi)
- biz (bisnis)

Domain lokal Indonesia:
- co.id (perusahaan)
- org.id (organisasi)
- ac.id (akademik/universitas)
- sch.id (sekolah)
- go.id (pemerintahan)
- war.net.id (warnet)
- web.id (bebas)

Di Indonesia terdapat dua macam domain, yakni domain Internasional dan lokal. Kedua macam domain tersebut sama-sama bisa diakses dan kecepatannya juga sama. perbedaanya adalah apabila domain berakhiran .ID itu menunjukan bahwa website anda berlokasi di Indonesia. Untuk lebih jelas mengenai nama domain ini anda bisa menghubungi customer service kami di : info@internetmedia-solutions.com


Related Links :
Internet Media Solutions l Superhostindo l Jababeka Business l Ayo Kencan l Kesaksian Kristen l Lirik Lagu Rohani Kristen


No comments: