Thursday, August 27, 2009

Google, Kekuatan Sebuah Integritas Usaha

Walaupun telah duduk dalam jajaran orang terkaya dalam usia yang sangat muda, namun Larry dan Sergey tidak pernah melupakan saat-saat kerja keras mereka di sebuah garasi kecil di Menlo Park Resident. Juga saat-saat mereka menghabiskan isi kulkas Susan, pemilik rumah dimana garasinya mereka sewa. Oleh karenanya, jangan heran jika melihat di GooglePlex makanan yang disediakan tiga kali sehari secara cuma-cuma dari perusahaan bagi seluruh karyawan, fasilitas kesehatan di kantor, bahkan perawatan bayi bagi ibu-ibu muda. Hal ini tak lepas dari keyakinan mereka berdua tentang sebuah nilai kebaikan dari saling berbagi dengan sesama, termasuk karyawan.

Hal lain yang dapat kita pelajari adalah bagaimana prinsip “Be No Evil” ini mereka terapkan dalam pelayanan produk mereka.

Seperti yang kita ketahui bersama, hingga saat ini Google telah mengembangkan diri mulai dari sekedar sebagai mesin pencari data (Search Engine), hingga menjadi sebuah situs web pemberitaan yang lengkap, email, gambar, peta satelit, video, dan masih banyak lagi lainnya. Semua pengembangan diri Google ini telah memberikan banyak kontribusi yang berarti dalam pengembangan dunia maya hingga saat ini. Semua itu mereka lakukan bukan atas dasar mencari uang semata, namun juga demi kepuasan masyarakat, dengan cara mempelajari terlebih dahulu setiap kebutuhan mayoritas pengguna dan pemecahannya sebelum mereka mulai mengembangkannya.

Dan kini dunia pun mengakui peran mereka yang sangat besar dalam memajukan teknologi, khususnya Teknologi Informasi. Semua itu tak lepas dari nilai integritas yang mereka yakini selama ini dalam menjalankan usaha. Jadi benarlah sebuah pepatah yang mengatakan, siapa yang menabur banyak akan menuai banyak; siapa yang menabur sedikit akan menuai sedikit pula.


Related Links :
Internet Media Solutions l Superhostindo l Jababeka Business l Ayo Kencan l Kesaksian Kristen l Lirik Lagu Rohani Kristen


No comments: