Thursday, August 27, 2009

Tips Singkat Membangun Blog Yang Baik

1. Membuat Perkenalan.
Seorang pemilik pesta yang baik, ia harus bisa bergaul dan berinteraksi dengan para tamu-tamu. Oleh sebab itu gunakan paling tidak 30 hingga 60 menit sehari untuk membaca-baca posting tulisan di blog favorit Anda. Buat blogroll (koleksi blog-blog favorit), lalu buatkan linknya sehingga tamu-tamu Anda bisa membaca blog yang Anda rekomendasikan, dan gunakan fungsi trackback yang biasanya dimiliki oleh kebanyakan dari program-program pembuat blog untuk memberitahu blogger yang lain lewat email apabila Anda mengutip mereka. Itulah salah satunya yang membuat tamu-tamu blog Anda senang dan kembali lagi.

2. Hendaklah Seadanya.
Bisa jadi Anda seorang yang membosankan atau kurang memikat para tamu-tamu blog Anda. Okelah tidak apa-apa. Lakukan semaksimal Anda. Teruslah berlatih bergaul dengan mereka lewat tulisan-tulisan Anda. Dan berupayalah untuk tidak membosankan. Karena itu jangan bosan nge-blogging. Kalau Anda sendiri bosan, maka bagaimana bisa meningkatkan kemampuan networking online Anda?. Paling tidak bercerita adalah cara yang paling terbaik untuk membuat blog Anda – sehingga produk Anda juga - diminati.

3. Rileks dan Tidak Kaku.
Gaya yang tidak kaku atau informal (memang secara tata bahasa kurang sempurna) sering kali yang membuat suatu blog enak dibaca. Tetapi tentu saja yang terlalu rileks dan sesuaikan dengan target para tamu yang Anda undang. Policy cara blogging yang disarankan oleh Yahoo, kalau Anda pernah lihat, itu menarik. Sarannya, “Tetapkah bersikap respek dan hormat kepada para tamu yang berkunjung, spesifik dengan yang dibicarakan, perkuatlah argumen Anda, dan undanglah mereka untuk memberikan komentar balik secara pribadi".

4. Jangan Pelit.
Apa sih yang membuat suatu pesta berjalan sangat singkat atau bubar? Satu hal yang jelas adalah karena kehabisan makanan atau minuman. Begitu pula suatu blog terhenti atau gagal karena kurangnya konten yang bermutu yang menyebabkan suatu dialog terhenti. Menjalankan blog sangat sangat terjangkau di sisi biaya, namun membutuhkan suatu komitmen waktu, dan harus menjadi bagian dari job desk seorang CEO. Ya membutuhkan perencanaan dan komitmen.

5. Hendaklah Selalu Siap.
Kalau Anda dikritik atau ada masalah yang dihadapi oleh perusahaan Anda dan para tamu menyinggungnya di blog Anda sebagai salah satu komentar balik, maka bersiapsiaplah untuk menanggapinya dengan bijak, jujur dan terbuka.


Related Links :
Internet Media Solutions l Superhostindo l Jababeka Business l Ayo Kencan l Kesaksian Kristen l Lirik Lagu Rohani Kristen


No comments: