Monday, August 24, 2009

Memulai Bisnis E-Commerce

Apakah anda ingin memulai usaha sendiri? Ketika pertanyaan ini dilontarkan, Anda mungkin akan menjawab "Ya", dan di benak Anda terbayang kemungkinan untuk bebas berkreasi mengembangkan potensi-potensi Anda, kebanggaan tersendiri, dan kemungkinan mengalirnya uang tak terbatas. Namun karena satu dan lain hal--persoalan modal, misalnya--keinginan tersebut tidak kesampaian. Anda pun "hanya" menjadi pekerja di perusahaan milik orang lain.

Sekarang, seiring dengan pencapaian teknologi informasi, berbagai masalah yang melilit keinginan Anda untuk memiliki bisnis sendiri atau mengembangkan bisnis Anda yang sudah ada bisa terjembatani. E-Commerce adalah jawabannya.

Berpikir Realistis
Ketika Anda merencanakan sebuah bisnis online, Anda harus berpikir realistis. Jika Anda memiliki toko komputer, misalnya, dan ingin menjual komputer secara online, Anda harus sudah siap dengan pesaing bisnis yang kompetitif. Membeli sebuah komputer membutuhkan modal yang relatif besar, kepercayaan merupakan hal penting.

Bila Anda memiliki bisnis berskala kecil, adalah penting bagi Anda untuk mengetahui apa yang Anda harus alami dalam pembayaran terhadap perusahaan yang belum pernah Anda ketahui sebelumnya. Bila Anda seorang yang serius dalam pembangunan bisnis online ( e-commerce ) yang relatif mapan dalam jangka panjang, Anda harus menemukan sebuah ide bisnis cemerlang dan profitable. Anda juga harus menawarkan produk dan jasa yang bernilai tinggi dan berkualitas bagi pelanggan potensial Anda kelak.

Selain itu, Anda juga sebaiknya selalu mengikuti perkembangan bisnis e-commerce , termasuk metode-metode transaksi terbaru. Bagi kebanyakan produk, misalnya, kartu berbelanja sangat penting. Masyarakat sekarang lebih suka meng-klik sebuah tombol dan memesan sesuatu. Bila bisnis online Anda tidak menerima kartu kredit atau kartu berbelanja, Anda akan kehilangan pelanggan; produk Anda tidak akan terjual.

Langkah awal: membangun Situs web
Salah satu persoalan yang segera menghadang di depan Anda ketika akan memulai bisnis E-Commerce adalah persoalan sumber daya. Ya, Anda butuh membangun situs sebagai basis bisnis Anda. Untuk itu, Anda mau tidak mau harus merekrut tenaga-tenaga baru untuk membangun situs Web bisnis Anda, lengkap dengan peralatan/perlengkapan yang dibutuhkan. Ini berarti Anda harus menyediakan modal khusus yang tidak sedikit, mencapai ratusan juta rupiah. Belum lagi, Anda harus menyediakan pelayanan terhadap pelanggan ( customer service ), termasuk pelayanan purna jual.

Jangan berkecil hati. Masih ada cara lain yang bisa Anda tempuh tanpa harus kehilangan lebih banyak uang dan pelanggan potensial. Anda bisa menghubungi situs Web yang menyediakan jasa bisnis online, mulai dari pembangunan situs sampai penjualan produk dan jasa.


Related Links :
Internet Media Solutions l Superhostindo l Jababeka Business l Ayo Kencan l Kesaksian Kristen l Lirik Lagu Rohani Kristen

No comments: