Monday, August 24, 2009

Langkah-langkah Membuka Toko Online Anda Sendiri

Sebuah perusahaan riset memproyeksikan pendapatan dari bisnis e-commerce pada tahun 2003 mendatang akan mencapai lebih dari US$ 100 milyar (sekitar 700 trilyun rupiah). Bisnis besar dan kecil diperkirakan akan melejit dalam bisnis digital ini.

Memang, kenyataan menunjukkan bahwa banyak perusahaan kecil tumbuh dan berkembang jadi raksasa dalam waktu relatif singkat, hanya karena mereka menyandarkan diri pada kemampuan Internet dalam strategi pertumbuhannya. Amazon.com (toko buku online), merupakan salah satu contoh sukses.

Membaca peluang di atas, pasti membuat Anda tergiur untuk ikut mengambil kesempatan dalam bisnis ini. Namun sukses tentunya tidak datang begitu saja. Kemampuan dan pengetahuan seputar usaha dan media yang digunakan menjadi syarat utama. Pada intinya, membangun fondasi situs Web yang kokoh sangatlah penting.

Ada lima langkah dasar yang patut Anda renungkan dan lakukan ketika akan membuka toko di Internet. Langkah-langkah tersebut di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Registrasi "Domain Name"
Apalah arti sebuah nama. Begitu pujangga Shakespeare menisbikan arti penting nama dalam kehidupan. Pujangga romantis ini tidak sepenuhnya benar. Dalam dunia bisnis online, nama menjadi sangat penting. Nama domain ( domain name ) selain sebagai alamat anda di cyberspace , ia sekaligus juga berperan sebagai brand perusahaan Anda.

Ketika memilih nama domain, Anda harus mendaftarkannya ke InterNIC atau Registrar2 Domain yang ada, atau anda dapat menghubungi soebita.com untuk mendaftarkan domain yang anda perlukan . Anda dapat memilih sebuah domain nama dari salah satu provider yang ada.

Pentingnya nama domain ini membuatnya menjadi lahan bisnis baru. Banyak orang mengumpulkan "nama-nama cantik", dengan harapan akan dibeli orang/perusahaan di pasar lelang domain name . Bahkan karena besarnya potensi keuntungan dari bisnis domain name , membuat beberapa orang melakukan tindakan kurang terpuji, seperti pembajakan nama domain dan sebagainya.

2. Desain Toko Online
Keputusan penting yang harus Anda lakukan pada langkah kedua ini adalah apakah rencana Anda membangun situs akan dilakukan sendiri atau meminta perusahaan yang telah berpengalaman untuk melakukannya. Bila Anda memilih untuk melakukannya sendiri, yakinlah Anda akan kehilangan banyak waktu karena Anda juga harus bertanggung jawab dalam memodifikasi serta pengembangan situs Anda.

Lebih baik bila Anda menyerahkan tugas tersebut kepada Web Developer yang telah berpengalaman di bidang web desain, web programming dan maintenanace web. Soebita.com (www.soebita.com) merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan jasa pembuatan situs Web hingga ke pemeliharaannya dengan jasa layanan yang murah, cepat dan berkualitas.

Namun, ada beberapa titik kritis yang harus Anda pertimbangkan mengenai situs Anda sehingga tampilan situs bisa merepresentasikan visi dan kebutuhan Anda. Untuk itu, minimal, Anda harus bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut: Apakah produk/jasa yang ingin Anda jual? Apa yang ingin Anda lihat dan rasakan dari logo dan situs Anda secara keseluruhan? Jenis navigasi apa yang ingin Anda gunakan? Bagaimana cara pembayaran yang Anda inginkan dalam transaksi bisnis? Bagaimana caranya agar Anda bisa mengkalkulasi pajak dan biaya pengiriman dengan mudah?

Ketika Anda membuat keputusan, Anda juga harus siap dengan katalog produk. Anda harus menyediakan informasi untuk setiap produk, seperti deksripsi ringkas, warna, ukuran dan harga. Setelah katalog produk ini selesai, barulah Anda bisa mempublikasikan situs Web online Anda.

3. Server Hosting
Keputusan lain yang harus Anda ambil ketika akan bergabung dalam pasar elektronik ini adalah apakah Anda akan membeli sebuah server dan menjadi tua rumah, atau hanya sekadar menyewa dari orang lain.

Ada keuntungan dan kerugian memiliki sebuah server sendiri. Keuntungan yang didapat adalah Anda bisa bebas memaintain situs Anda sendiri tanpa adanya batasan-batasan yang biasanya ditetapkan jika Anda menyewa server. Tapi kerugiannya adalah biaya operasional dan pemeliharaan sebuah server web sangat besar. Belum lagi Anda harus menyewa tenaga khusus untuk melakukannya. Namun sebagai invesatsi di masa depan, akan sangat menguntungkan bila Anda memiliki sebuah server sendiri.

4. Solusi Pembayaran
Ketika e-commerce Anda telah benar-benar mulai, Anda harus memiliki software pembayaran, merchant account di bank atau perusahaan commerce provider , jasa pemrosesan pembayaran, dan pintu gerbang untuk berhubungan ke seluruh elemen pemrosesan ini. Anda juga akan membutuhkan software mesin cash register untuk menolong Anda menghitung pajak penjualan dan biaya pengiriman dengan mudah.

Ketika pertama kali memulai transaksi bisnis dan menerima pembayaran, pertama-tama Anda harus membuka rekening di sebuah bank dagang. Pilihlah bank dagang yang bisa memenuhi seluruh kemungkinan proses transaksi Anda dan mampu memberikan solusi komprehensif bagi pelaksanaan tugas-tugas tersebut.

Jika Anda telah memiliki rekening ( account ), bank dagang tersebut akan melayani transaksi online Anda dengan konsumen/pelanggan, memindahkan dana yang terdapat di kartu kredit mereka, dan menempatkan uang hasil transaksi ke rekening Anda.

5. "Traffic Coverage"
Tidak persoalan berapa pun besarnya situs Web Anda, orang tidak akan datang ke sana bila Anda tidak tahu di mana mereka berada. Persoalan " traffic " harus Anda perhatikan benar dalam perencanaan bisnis Anda.

Langkah pertama dalam membangun arus adalah mendaftarkan situs Anda di search engines. Anda tidak perlu khawatir, soebita.com yang akan melakukannya untuk Anda. Ketika mendaftar, Anda harus memikirkan benar " meta tags " atau kata kunci yang menjadi penghubung ke situs Anda.

Bila Anda mengikuti kelima langkah tersebut di atas, Anda telah menjadi pemilik sebuah toko online. Selamat! Toko online Anda telah buka dan siap berbisnis 24 jam sehari, tujuh hari seminggu dan terakses ke jutaan konsumen dari seluruh dunia setiap harinya.


Related Links :
Internet Media Solutions l Superhostindo l Jababeka Business l Ayo Kencan l Kesaksian Kristen l Lirik Lagu Rohani Kristen


No comments: