Thursday, August 27, 2009

Proyek Internet Habiskan 12 Juta Dollar

Sebuah proyek bagus untuk membangun dan mendesain Internet dari kecacatan telah menghabiskan uang USD 12 juta. Uang tersebut berasal dari dana pemerintah dan donasi dari dua jaringan organisasi peneliti. Banyak peneliti yang merasa harus berpikir kembali dengan adanya proyek ini, termasuk dengan arsitektur yang ada di Internet, yang bila dilihat saat ini masih kurang aman. Untuk itu, diiharapkan dengan adanya proyek ini, maka Internet akan menjadi ‘bersih', dan menjadikan Internet sebagai jalan keamanan, yang telah menjadi komitmen awal sejak Internet ‘dilahirkan' pada tahun 1969 lalu.

BBN Technologies Inc., telah mengatur rencana dan desain dari Global Environment for Network Innovations atau GENI, sebuah jaringan di mana peneliti dapat mengetes ide baru tanpa merusak desain Internet sebelumnya. Modal dana USD 12 juta tersebut merupakan bantuan dari organisasi National Science Foundation yang digunakan utnk mengembangkan prototype dari jaringan GENI.

Untuk mengetes prototype ini, organisasi Internet akan melakukan kontribusi sebesar 10GB per second untuk persediaan bandwith, sehingga peneliti tidak perlu khawatir mengenai adanya gangguan kepada trafik Internet normal dalam percobaan prototype tersebut. Sementara organisasi lain yang juga ikut menyumbang dana tersebut, National LambdaRail, juga akan menyediakan kapasitas bandwith 30GB per scond. Dengan adanya persediaan bandwith sekitar 50GB per second, maka diharapkan prototype Internet dapat berjalan lebih cepat daripada koneksi standard broadband di rumah, dan akan mampu menjalankan 30 film yang berkualitas tinggi ke dalam computer rumah secara bersamaan.

Craig Partridge, kepala ilmuwan BBN Technologies, mengungkapkan komitmennya untuk menjalankan persetujuan antara GEN dan dua organisasi tersebut dengan kecepatan jaringan sangat tinggi untuk universitas dan peneliti lain untuk membuat proyek-proyek lainnya. Proyek GENI ini diperkirakan akan dikembangkan selama lima tahun ke depan.


Related Links :
Internet Media Solutions l Superhostindo l Jababeka Business l Ayo Kencan l Kesaksian Kristen l Lirik Lagu Rohani Kristen


No comments: