Tuesday, August 18, 2009

Dasar-dasar Search Engine Optimizing (SEO)

Search Engine Optimizing (SEO) adalah teknik-teknik yang digunakan untuk mengoptimalkan website agar tampil pada hasil pencarian search engine dengan keyword tertentu. Dengan demikian suatu website yang menerapkan SEO diharapkan dapat memperoleh banyak pengunjung yang datang dari hasil pencarian search engine seperti Google, Yahoo, MSN, dan search engine lainnya.

Teknik yang digunakan adalah disesuaikan dengan algoritma atau tata cara mesin search engine membaca, mencatat, menyimpan di database, dan menyusun peringkat sesuai dengan populeritas dan kesesuaian konten website dengan kata kunci pencarian. Dengan memudahkan pekerjaan mesin search engine yang biasa disebut web crawler/web spider/bot maka mesin search engine tersebut dapat mencatatkan atau mengindeks website kita secara optimal. Berikut adalah teknik-teknik dasar SEO yang mengadopsi teknik indexing dari bot-bot Google, Yahoo, MSN, dan search engine lainnya:


KONTEN

1. Content is the king, pepatah yang sangat klasik dalam SEO. Konten yang menarik akan menarik pengunjung secara optimal. Bila pengunjung mengunjungi website anda dan mendapatkan konten yang ia cari maka terkadang ia akan merekomendasikan atau membuat link ke website anda. Hal ini tentu akan membantu meningkatkan populeritas website anda. Karena itu mulailah SEO dengan membuat konten yang menarik dan banyak dicari orang. Makin banyak link yang menuju website anda maka website anda akan makin mudah memperoleh peringkat atas pada daftar pencarian search engine.

2. Pastikan code website anda lolos tes validitas XHTML & CSS atau biasa disebut web standart. Dengan memastikan semua kode telah benar maka bot search engine tidak akan kesulitan dalam membaca website anda. Anda bisa menvalidasi web anda pada http://validator.w3.org/

3. Gunakan text daripada gambar atau animasi flash pada konten penting. Bot search engine tidak dapat membaca gambar dan animasi flash. Pastikan anda menggunakan text pada gambar atau animasi flash. Seringkali suatu perusahaan ingin kelihatan canggih maka ia membuat homepage website mereka menggunakan flash tanpa konten teks. Akibatnya website mereka tidak dapat dikenali oleh search engine dan website mereka menjadi tidak populer.

4. Penggunaan format font seperti cetak tebal, miring, atau makin tinggi ukuran font makin membuat teks tersebut dianggap lebih penting dibanding teks lain disekitarnya.

5. Gunakan attribut title dan alt pada tag image secara akurat untuk memberi maksud dari gambar yang ditampilkan.

6. Pastikan halaman web anda tidak lebih dari 150Kb karena bot search engine akan kesulitan membaca halaman web anda selain itu akan mengurangi beban server anda pada saat web anda sedang di-index.

7. Hindari duplikasi konten. Jangan sampai terdapat halaman dengan konten yang sama.

8. Hindari penggunaan frame karena search engine tidak dapat mengindeks konten didalam frame.

9. Jangan membuat konten yang berbeda pada saat dibaca oleh search engine dan pada saat diakses oleh user.

10. Jangan memasukkan ilegal konten kedalam website anda, contohnya copy paste dari web lain dan langsung dimasukkan ke dalam web anda.


KEYWORD, HEADER, dan META TAG

1. Pilih keyword yang tepat untuk memberikan gambaran konten website anda. Keyword merupakan kata-kata kunci yang dapat memberikan gambaran mengenai keseluruhan konten pada halaman web anda. Keyword yang tepat akan membuat website anda lebih mudah tampil pada saat para user mengetikkan keyword yang berkaitan dengan keyword anda di search engine. Jangan gunakan keyword yang tidak relevan dengan website anda karena akan membuat website anda di banned oleh search engine. Keyword ini berguna untuk digunakan pada header, title, tag, dan bagian web lainnya.

2. Pada bagian header halaman web gunakan keyword pada title, tag, dan description untuk memberikan gambaran konten yang ada pada halaman web kita.

3. Penggunaan heading tag (H1,H2,H3,dst) terkait dengan keyword pada halaman akan mempengaruhi bobot teks tersebut. Dengan memasukkan keyword dalam heading text maka keyword tersebut akan makin berbobot.


LINK

1. Bobot suatu link dinilai atas beberapa faktor. Contohnya bila link ke web anda berasal dari text dalam paragraf maka link tersebut memiliki bobot lebih penting dibanding link yang terdapat pada sidebar. Bila link ke web anda berasal dari web yang memiliki reputasi bagus maka link tersebut akan mengangkat peringkat web anda.

2. Pastikan tidak ada broken link atau link ke halaman yang tidak ada, hal ini akan membuat ranking anda menurun pada search engine.

3. Jangan mencantumkan link ke link farm, link share, link exchange, atau website pertukaran link lainnya. Karena hal ini akan membuat website kita di banned oleh search engine.

4. Hindari membuat link dalam satu halaman terlalu banyak. Jumlah link wajar adalah kurang dari 100 link. Kalau link halaman web anda terlalu banyak maka search engine akan mengira bahwa web anda merupakan web link share, link exchange, atau web pertukaran link lainnya.

5. Hindari penggunaan redirect link kecuali terpaksa seperti redirect ke halaman login.

6. Pastikan tiap halaman dapat dicapai dari link. Bila sebuah halaman dapat dicapai hanya dengan meng-input form, memilih pada image map atau animasi flash maka search engine tidak akan dapat mencapai halaman itu karena bot search engine hanya dapat membaca page yang dicapai dari hyperlink.


PUBLIKASI

1. Submit website anda ke search engine dan directory service seperti Google, Yahoo, dan DMOZ. Tapi jangan gunakan layanan yang menjanjikan akan mensubmit web anda ke 100 search engine atau lebih. Karena ada kemungkinan web anda akan dianggap sebagai spam, phising, dsb.

2. Penggunaan file robot.txt untuk memfilter akses search engine ke web server kita. Dengan demikian maka search engine tidak akan mengindeks file yang kita tidak ingin diakses oleh pihak luar. File robot.txt juga berguna untuk memberitahu lokasi file sitemap web kita.

3. Penggunaan sitemap yaitu file xml yang ditempatkan di web server dan berisi daftar konten web kita. Penggunaannya bisa dilihat di http://sitemap.org . File ini memudahkan search engine mengindeks web kita. Tapi kita juga perlu men-submint file tersebut ke search engine agar search engine lebih cepat mengetahui keberadaan file sitemap tersebut.

4. Update website anda, makin sering website anda di-update maka website anda tidak dianggap mati oleh search engine.


LAIN-LAIN

1. Friendly URL, gunakan URL Rewriting pada URL page anda, misalnya untuk halaman http://thinkrooms.com/?p=1 sebaiknya dibuat menjadi lebih friendly seperti http://thinkrooms.com/post/1. Hal ini akan membuat bot search engine menganggap konten halaman tersebut adalah konten statis sehingga dimasukkan ke dalam indexing. Bila menggunakan karakter ? pada URL maka search engine menganggap bahwa halaman tersebut bersifat dinamis alias bukan konten tetap sehingga besar kemungkinan tidak dimasukkan ke dalam indexing.

2. Makin tua suatu web maka web tersebut akan lebih dianggap berbobot oleh search engine.

3. Hindari tampilan berbeda pada URL yang sama. Terkadang kita menyajikan tampilan yang berbeda bila akses dari browser atau dari handphone. Hal ini akan membuat search engine kesulitan mengindeks website anda karena terdapat 2 konten yang berbeda pada 1 URL. Sebaiknya gunakan URL yang berbeda untuk tiap tampilan. Seperti facebook yang menggunakan url m.facebook.com untuk tampilan mobile phone.

Itulah teknik-teknik dasar SEO yang bila diimplementasikan dengan baik maka akan membantu website anda muncul pada hasil pencarian dengan keyword yang sesuai dengan website anda.


Related Links :
Internet Media Solutions l Superhostindo l Jababeka Business l Ayo Kencan l Kesaksian Kristen l Lirik Lagu Rohani Kristen


No comments: