Tuesday, August 18, 2009

Cara Mencegah Nyeri Pinggang






1. Hindari Duduk Terlalu Lama

Lakukan selungan dengan sedikit bangkit dan berjalan. Jika pekerjaan mengharuskan banyak duduk. Setelah satu jam coba berjalan sejenak intik mengurangi ketegangan otot.

2. Duduk dengan Posisi Benar
Duduklah dengan posisi benar. Caranya duduk dengan punggung lurus. Lutut tetap setinggi atau lebih tinggi dari panggul. Gunakan penyangga kaki bila perlu. Sebaiknya kedua tungkai kaki tidak saling menyilang. Jaga agar kedua kaki tindak menggantung.

3. Hindari Kegemukan
Tubuh terlalu gemuk menyebabkan punggung harus bekerja ekstra keras menopangnya. Kondisi ini memicu munculnya nyeri pinggang. Agar berat badan bisa normal, lakukan olahraga dan batasi jumlah konsumsi makanan. Kurangi karbohidrat dan lemak, tetapi perbanyak buah dan sayur.

4. Posisi Badan Tegak Saat Mengangkat Beban
Bilan ingin mengangkat barang berat, jangan membungkuk langsung mengangkatnya. hal itu bisa membuat punggung cedera. Mengangkat barang nerat, berjongkoklah lebih dulu, tekuk lutut, posisi badan dalam keadaan tegak lurus baru kemudian mengangkat barang.

5. Olahraga Teratur
Lakukan olahraga teratur tanpa membebani pinggang, antara lain, berenang, bersepeda, jalan, maupun senam yang memperkuat dan memelihara stabilitas otot-otot belakang dan perut. Ketika olahraga, tenaga jangan diforsir, lakukan sesuai kemampuan..

6. Pola Hidup Sehat
Dalam hidup keseharian terapkan gaya hidup sehat. Hindari rokok dan alkohol, makanan yang mengandung banyak lemakdan asam urat untuk memperlambat terjadinya pengapuran tulang belakang. Penuhi kecukupan kalsium agar tulang tetap kuat.


Related Links :
Internet Media Solutions l Superhostindo l Jababeka Business l Ayo Kencan l Kesaksian Kristen l Lirik Lagu Rohani Kristen


No comments: